nusabali

Setahun 615 Meninggal Dunia Laka Lantas

Polres Klungkung dan Bangli Operasi Keselamatan Agung 2024

  • www.nusabali.com-setahun-615-meninggal-dunia-laka-lantas

Rata-rata yang menjadi korban laka lantas adalah masyarakat usia produktif

BANGLI, NusaBali
Kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Bali sangat mencengangkan. Pada tahun 2023 Polda Bali mencatat kasus laka lantas sebanyak 7.454 kasus. Dari jumlah laka lantas tersebut, sebanyak 615 korban meninggal dunia.

Jumlah laka lantas ini mengalami peningkatan sebesar 102% dibandingkan dengan tahun 2022 yakni sebanyak 3.692 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 508 orang. Rata-rata yang menjadi korban laka lantas adalah masyarakat usia produktif.

Hal itu diungkapkan Kapolres Klungkung, AKBP Umar saat membacakan sambutan Kapolda Bali, Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra dalam gelar persiapan ‘Operasi Keselamatan Agung 2024’ di Mapolres Klungkung, Sabtu (2/3) pagi. Dalam apel pasukan tersebut dihadiri Pj (Penjabat) Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika dan Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen. Operasi Keselamatan Agung ini akan dilaksanakan pada 4-17 Maret 2024 dengan sasaran para pengendara yang tidak disiplin berlalu lintas. Target pelaksanaan dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas menjelang Perayaan Idul Fitri 1444 Tahun 2024.

“Diperlukan kerja sama dan komitmen dari kita semua untuk membangun kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan dan keselamatan berlalu lintas,” ujar Kapolres Umar.

Kata Kapolres Umar, operasi kali ini mengedepankan pola tindakan preventif, edukatif dan persuasif secara humanis kepada masyarakat.

Sementara Polres Bangli juga menggelar apel pasukan dalam rangka kesiapan ‘Operasi Keselamatan Agung 2024’ di Lapangan Polres Bangli pada Sabtu. Apel pasukan kali ini juga terlihat menggandeng komunitas motor, kalangan anak-anak muda, baik mahasiswa, siswa SMA/SMK, Pramuka dan anak-anak SD.

Gelar pasukan dipimpin langsung Kapolres Bangli, AKBP I Dewa Agung Roy Marantika. Kasi Humas Polres Bangli, AKP I Wayan Sarta mengatakan pelibatan komunitas motor dan generasi muda dalam gelar pasukan merupakan upaya untuk membangun kesadaran dan kedisiplinan masyarakat tentang pentingnya keamanan dan keselamatan berlalulintas. “Ini upaya kami untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam berlalulintas dengan menggandeng komunitas motor dan generasi muda dalam apel gelar pasukan ini,” jelas Akp Sarta. wan, esa

Foto: Gelar pasukan ‘Operasi Keselamatan Agung 2024’ juga dilaksanakan di Polres Bangli, Sabtu (2/3). -IST

Komentar