nusabali

PDIP Rebut Ketua Dewan Karangasem

Nama Dirahasiakan, Sudira, Suastika dan Sudanta Bersaing

  • www.nusabali.com-pdip-rebut-ketua-dewan-karangasem

Gede Dana mengatakan, untuk kandidat calon Ketua DPRD Karangasem nantinya ada proses di internal partai.

AMLAPURA, NusaBali
Kemenangan PDI Perjuangan (PDIP) di Pemilu 2024 di Kabupaten Karangasem dipastikan jabatan Ketua Dewan bakal disabet partai berlambang Si Moncong Putih tersebut. Namun, Ketua DPC PDIP yang juga Bupati Karangasem, I Gede Dana masih merahasiakan bakal calon Ketua DPRD Karangasem dari PDIP. Karena semuanya menunggu keputusan DPP PDIP.

“Itu (calon Ketua DPRD,red) semuanya tergantung DPP, semua kader punya peluang,” ujar Gede Dana usai menghadiri pengukuhan Duta Anak Karangasem 2024, di Gedung Mall Pelayanan Publik, Jalan Gajah Mada Amlapura, Jumat (1/3).

PDIP Karangasem dipastikan sebagai pemenang Pemilu 2024 dengan raihan kursi legislatif yang signifikan. Hasil rapat pleno di tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di 8 kecamatan se-Karangasem, PDIP dipastikan merebut 15 kursi dari 45 kursi yang ada. Capaian tersebut meningkat sebanyak 3 kursi di bandingkan di Pemilu 2019 lalu. Saat itu, PDIP berhasil menyabet 12 kursi DPRD Karangasem. Sukses PDIP merebut 15 kursi di pemilu kali ini, dikuntit Partai Gerindra dengan raihan 9 kursi, Golkar dengan 8 kursi, Demokrat meraih 6 kursi, NasDem merebut 5 kursi. Sementara Perindo dan Hanura masih-masing membukukan raihan 1 kursi dewan. 

Gede Dana mengatakan, untuk kandidat calon Ketua DPRD Karangasem nantinya ada proses di internal partai. Kata dia, DPC PDIP akan menggelar rapat terlebih dulu, selanjutnya diusulkan ke DPP melalui DPD PDIP Provinsi Bali. Apakah 15 kader yang lolos sebagai anggota DPRD Karangasem diusulkan? Gede Dana tidak memberikan respon. 

Gede Dana hanya membeber kemenangan PDIP di Pemilu 2024. Kata dia, perolehan kursi hanya mengalami kenaikan 3 kursi dari pemilu sebelumnya. Target PDIP adalah meraih 24 kursi untuk menyamai raihan PDIP saat pertama kali ikut Pemilu 1999. Kemudian pada 2009 PDIP membukukan 14 kursi, disusul Pemilu 2014 sebanyak 12 kursi. PDIP berhasil mempertahankan 12 kursi di Pemilu 2019. Barulah pada Pemilu 2024 meraih 15 kursi. PDIP juga sebanyak 5 kali pemilu menjadi jawara di Karangasem yakni pada Pemilu 1999, 2004, 2009, 2019 dan 2024. Sementara pada  Pemilu 2014 dimenangkan Partai Golkar. Saat itu, Golkar menempatkan kadernya I Nengah Sumardi sebagai Ketua DPRD Karangasem.

Sementara untuk bursa kandidat Ketua DPRD Karangasem, saat ini sudah beredar nama-nama yakni I Wayan Sudira, yang notabene merupakan Sekretaris DPC PDIP Karangasem. Selain itu ada nama Wayan Suastika dan Komang Sudanta. Saat ini, Ketua DPRD Karangasem diduduki I Wayan Suastika. Baik Suastika, Sudira dan Sudanta sama-sama lolos di Pemilu 2024. 

Sudira yang bertarung di Dapil Kecamatan Bebandem meraih 4.284 suara. Sementara Suastika yang bertarung di Dapil Karangasem IV meliputi Kecamatan Selat, Rendang dan Sidemen dengan meraih suara tertinggi yakni 7.314 suara. Sedangkan Sudanta yang bertarung di Dapil Karangasem meraih 2.471 suara. ”Kan semuanya terserah mekanisme partai,” ujar Suastika dan Sudanta saat dikonfirmasi terkait peluang menduduki pimpinan dewan Karangasem.k16


Prediksi raihan kursi DPRD Karangasem hasil Pemilu 2024

Kursi yang diperebutkan : 45 kursi

PDIP : 15 kursi
Gerindra : 9 kursi
Golkar : 8 kursi
Demokrat: 6 kursi
NasDem :5 kursi
Perindo 1 kursi
Hanura : 1 kursi

Komentar