nusabali

Jelang Hadapi Bilbao, Xavi Bersikukuh Pergi

  • www.nusabali.com-jelang-hadapi-bilbao-xavi-bersikukuh-pergi

BARCELONA, NusaBali - Tekad Xavi Hernandez angkat kaki dari Barcelona sudah bulat. Bahkan Xavi menolak permintaan manajemen untuk mengubah keputusannya. Kabar itu mencuat menjelang Barcelona menjalani laga tandang lawan Athletic Bilbao pada pekan ke-27 LaLiga Spanyo, di San Mames, Senin (4/3) dinihari, pukl 04:00 WITA.

Dewan direksi Barcelona pun mempertimbangkan pengganti Xavi, dengan manajer Arsenal, Mikel Arteta, sebagai salah satu kandidat.

Presiden Barcelona Joan Laporta meminta Xavi mempertimbangkan kembali. Laporta juga menjelaskan Xavi diizinkan tetap jadi pelatih jika ingin melanjutkannya.

Dilansir dari Sport, Xavi mantap dengan keputusannya mengundurkan diri musim panas ini. Dia  tidak akan berubah pikiran sebelum musim kompetisi berakhir. Xavi merasa telah membuat keputusan yang tepat untuk mengundurkan diri.

Direktur Barcelona, Deco berharap keputusan Xavi dapat diralat. Dia optimistis Xavi kemungkinan bertahan di klub pada musim depan. Namun  Deco juga memastikan langkah-langkah akan diambil secara bertahap.

Untuk saat ini, sepertinya banyak sosok penting di Barcelona yang ingin mengandalkan Xavi. Mereka terus memberikan dukungan kepada Xavi atau setidaknya terbuka melihat dirinya memimpin tim sekali lagi musim depan.

Sedangkan Mundo Deportivo menyebutkan mantan pelatih Barca Pep Guardiola memberi saran untuk mantan timnya merekrut Roberto De Zerbi yang kini menangani klub Inggris Brighton. De Zerbi mampu menyulap Brighton jadi kuda hitam di Premier League dan finis keenam musim lalu, sehingga akan tampil di Liga Europa musim ini. Namun De Zerbi memiliki klausul pelepasan yang harus dibayar Barca sebesar 10-15 juta Euro.

Barcelona sendiri akan menghadapi Athletic Bilbao di San Mames. Tuan rumah Bilbao saat ini sangat percaya diri, sehingga Barcelona wajib berhati-hati. Bilbao baru saja menyingkirkan Atletico Madrid di semifinal Copa del Rey. Main kandang di leg kedua, Bilbao menang 3-0 dan unggul agregat 4-0 untuk lolos ke final.

Sedangkan sebelumnya, Barcelona meraih kemenangan 4-0 atas Getafe di kandang. Kali ini, Barcelona berkunjung ke San Mames, tempat di mana mereka pernah kalah 2-4 lewat extra time di perempat final Copa del Rey. *

Komentar