nusabali

Akio Saiko Raih Emas Liga Karate Dunia Yunior

  • www.nusabali.com-akio-saiko-raih-emas-liga-karate-dunia-yunior

JAKARTA, NusaBali - Atlet karate (karateka) junior andalan Indonesia Akio Saiko meraih medali emas dalam ajang World Karate Youth League (Liga Karate Dunia Yunior) 2024 di Fujairah, Uni Emirat Arab, pada 22-25 Februari. Sedangkan Sifa Salsabila  meraih medali perunggu untuk pada kategori putri.

"Karateka junior kita Aiko Saiko berhasil meraih emas setelah berhasil mengalahkan wakil dari Venezuela," kata Pelatih Karate Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Umar Syarief, Minggu (25/2).

Menurut Umar Syarief, kejuaraan itu ajang yang sangat bergengsi dan diikuti lebih dari 2.000 karateka junir dari berbagai negara di dunia. Akio Saiko yang tampil di kategori putra menunjukkan kemampuan gemilang saat bertarung delapan kali dan dalam pertarungan terakhir mengalahkan wakil dari Venezuela untuk meraih medali emas. "Kita tentunya sangat bersyukur ada dua medali yang bisa didapat dalam kompetisi yang sangat bergengsi ini," ujarnya.

Syarief mengatakan, perolehan medali tersebut menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi para atlet dalam mengukur kemampuan karate maupun mencatatkan peringkat dan jam terbang.

Dia menyebutkan, jumlah karateka Indonesia yang dikirim dalam kompetisi tersebut sebanyak delapan orang melalui inisiatif sendiri, dari Inkanas sebanyak lima orang dan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) sebanyak 3 orang.

Perolehan prestasi ini, kata Umar Syarief, diharapkan dapat memacu motivasi karateka lain di Tanah Air untuk terus berlatih dan menyumbangkan prestasi dalam kompetisi berkelas internasional.

Syarief yang memiliki pengalaman sebagai karateka selama 20 tahun itu berharap, para karateka Indonesia terus diberikan kesempatan untuk mengikuti sebanyak mungkin ajang kompetisi di tingkat mancanegara.  ant

Komentar