nusabali

Jepang dan Korsel ke Perempatfinal

Gulung Thailand 5-0, Arab Saudi Tembus 8 Besar

  • www.nusabali.com-jepang-dan-korsel-ke-perempatfinal

DOHA, NusaBali - Timnas Jepang U-23 dan Korea Selatan U-23 memastikan diri lolos ke perempatfinal Piala Asia U-23, usai mengalahkan lawan-lawannya dalam laga kedua Grup B. Arab Saudi juga lolos ke perempatfinal, usai menggilas Thailand 5-0 dalam laga kedua grup C.

Jepang mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) 2-0 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Sabtu (20/4) dinihari WIta, berkat dua gol Seiji Kimura dan Sota Kawasaki. Sedangkan Korea Selatan menundukkan China 2-0 melalui dua gol Lee Young-jun di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat malam.

Baik Jepang maupun Korsel meraih enam poin dari dua laga dan sama-sama menciptakan tiga gol dan tidak kebobolan. China dan UEA sama-sama belum meraih poin dari dua laga dan kebobolan tiga gol.Keduanya tersingkir karena mustahil menyamai poin Jepang dan Korsel. 

Sedangkan Jepang dan Korsel akan bertemu pada partai pamungkas Grup B untuk menentukan status juara grup di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Senin (22/4) malam, pukul 21.00 WITA. Sedangkan UEA bertemu China di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada hari dan jam yang sama.

Sementara itu, Arab Saudi melumat Thailand 5-0 pada matchday 2 Grup C Piala Asia U-23 2024 di Khalifa International Stadium, Jumat (19/4) malam WIRA. Arab Saudi terlalu perkasa bagi Thailand dan mendominasi pertandingan.

Lima gol Arab Saudi dihasilkan Ayman Yahya, Ahmed Al Ghamdi, dan Abdullah Radif. Nama terakhir ini jadi bintang di laga tersebut dengan torehan hattrick-nya.

Hasil itu membuat Arab Saudi menjadi pemuncak klasemen Grup C dengan enam angka dan dipastikan lolos ke babak berikutnya. Sedangkan Thailand turun ke posisi kedua.

Di posisi ketiga grup C dipegang Irak yang mengalahkan Tajikistan 4-2 dalam laga seru dan dramatis. Laga itu sangat penting bagi kedua tim yang sama-sama kalah di matchday pertama . Laga di Al Janoub Stadium berlangsung sengit. Irak unggul dua gol lebih dulu lewat Muntadher Maslookhi (14') dan penalti Ali Jasim (22'). Tajikistan memperkecil ketinggalan lewat penalti Rustam Soirov (45+9').

Irak meningkatkan tempo serangan di babak kedua dan mencetak dua gol melalui Hassan Hameed (56') dan Al Kinani (87'). Tajikistan memperkecil ketinggalan 4-2  lewat gol Mehron Madaminov (90+5).

Hasil ini membuat persaingan di Grup C semakin menarik. Arab Saudi lolos ke perempat final dengan 6 poin. Irak dan Thailand sama-sama mengoleksi 3 poin, serta Tajikistan tanpa poin. ant

Komentar