nusabali

Srikandi DPRD Badung Tersisa 2 Orang

  • www.nusabali.com-srikandi-dprd-badung-tersisa-2-orang

Tujuh srikandi incumbent yang diperkirakan tidak lolos ke DPRD Badung, lima orang di antaranya dari PDIP, termasuk I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha dari Dapil Petang.

MANGUPURA, NusaBali
Srikandi DPRD Badung periode 2019-2024 berguguran di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Dari sembilan srikandi parlemen Badung di periode sebelumnya, kini hanya lolos dua orang incumbent. Caleg perempuan yang lolos ini keduanya berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yakni, Putu Yunita Oktarini di Dapil Abiansemal dan Yayuk Agustin Lessy di Dapil Kuta Utara.

Tujuh srikandi incumbent yang diperkirakan tak lolos kembali ke DPRD Badung, adalah, Ni Komang Triani (PDIP dari Dapil Mengwi), Ni Luh Putu Gede Rarahita Sukmadewi (PDIP dari Dapil Mengwi), I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha (PDIP dari Dapil Petang), Ni Luh Kadek Suastiari (PDIP dari Dapil Abiansemal), Ni Putu Sekarini (PDIP dari Dapil Abiansemal), Ni Ketut Suweni (Golkar dari Dapil Kuta Selatan), dan Ni Luh Gede Sri Mediastuti (Golkar dari Dapil Kuta).

Sedangkan dari data perolehan sementara, dua caleg perempuan yang kembali menduduki parlemen yakni Putu Yunita Oktarini yang di periode sebelumnya Dapil Kuta, kini maju dari Dapil Abiansemal. Istri dari Bagus Alit Sucipta alias Gus Bota ini bahkan mengantongi perolehan suara terbesar yakni 15.391 suara. Sementara Yayuk Agustin Lessy dari Dapil Kuta Utara meraih sebanyak 6.201 suara. Angka ini berdasarkan data perolehan sementara yang diterima NusaBali.

Sebetulnya, ada satu caleg perempuan yang hampir lolos yakni Ni Putu Sekarini, incumbent PDIP dari Dapil Abiansemal. Namun kabarnya, posisi Sekarini diperkirakan tergeser oleh caleg pendatang baru (new comer) dari Golkar, Wayan Joni Pergawa.

Tambahan satu kursi di Dapil Abiansemal yang direbut oleh Partai Golkar dari PDIP ini dibenarkan oleh Ketua DPD II Partai Golkar Badung I Wayan Suyasa. Dia mengatakan, berdasarkan perhitungan sistem sainte lague terakhir ada pada Golkar, karena sisa suara melebihi dari 3.000. “Kita riil jadi 11 kursi dengan tambahan 1 lagi di Dapil Abiansemal (diraih Wayan Joni Pergawa, Red),” ujar Suyasa, Sabtu (24/2).

NusaBali mencoba mengonfirmasi kepada salah satu caleg perempuan yang lolos kembali ke DPRD Badung, yakni Yayuk Agustin Lessy. Namun Yayuk belum memberikan tanggapan. Baik pesan dan telepon WhatsApp belum dijawab.

Terkait kebenaran hanya dua srikandi yang lolos di Pileg 2024 ini masih harus menunggu tahapan pleno KPU Badung. Menurut Komisioner KPU Badung Divisi Teknis Penyelenggaraan I Nyoman Dwi Suarna Artha, hal tersebut harus diplenokan terlebih dahulu di tingkat kabupaten. Sedangkan hingga saat ini masih berproses di tingkat kecamatan.

“Itu belum (penentuan siapa yang terpilih), karena harus diplenokan dulu di kabupaten. Setelah itu baru penetapan calon terpilih,” kata komisioner asal Desa/Kecamatan Mengwi tersebut.

Ditambahkan oleh Ketua KPU Badung I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra, hingga Sabtu (24/2) baru empat kecamatan yang merampungkan pleno tingkat kecamatan, yakni, Petang, Abiansemal, Kuta, dan Kuta Utara. Sedangkan dua kecamatan lainnya akan melaksanakan pleno, Minggu (25/2) hari ini.

“Untuk Mengwi dan Kuta Selatan besok (hari ini) akan dilaksanakan pleno di kecamatan. Mereka baru selesai pleno di tingkat desa, karena dua kecamatan ini yang paling banyak TPS-nya,” ucap Yusa Arsana.

Dijelaskannya, untuk pleno tingkat kabupaten akan dilakukan pada 2 dan 3 Maret 2024 atau setelah Hari Raya Galungan. “Setelah pleno kecamatan untuk dapil di Badung sudah clear, nanti dilanjut pleno di tingkat kabupaten. Untuk penetapan hasilnya nanti akan menunggu registrasi perkara di MK, kalau-kalau nanti ada yang mengajukan gugatan atas hasil yang kita rekap,” kata komisioner asal Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, ini. 7 ind

Komentar