nusabali

Haaland Juru Selamat The Citizens

Atasi Brentford, City Tertinggal Satu Poin dari Liverpool

  • www.nusabali.com-haaland-juru-selamat-the-citizens

Guardiola mengaku beruntung mempunyai Haaland. Jika saya harus memilih satu pemain, saya memilih dia. Dalam tipe permainan seperti Brentford, dibutuhkan sosok Erling, yang mampu bermain dengan tipikal striker.

MANCHESTER, NusaBali
Pelatih Pep Guardiola mengakui dirinya berterima kasih kepada Erling Haaland yang menurutnya mampu jadi juru selamat Manchester City saat menjungkalkan Brentford di Premier League. Berlaga di kandang sendiri, di Etihad Stadium, Rabu (21/2) dinihari WITA, City menang tipis 1-0 atas Brentford, yang tampil dengan pertahanan super ketat.

The Citizens pun meraih tiga poin penting dalam laga tunda pekan ke-18 Premier League 2023/2024. Ya, Haaland memecah kebuntuan pada menit ke-71 menyambut umpan Julian Alvarez. Kini pemain Norwegia itu telah mencetak gol ke gawang semua klub Premier League yang pernah dihadapi. Dia mengoleksi 17 gol dari 20 laga di Liga Premier Inggris musim ini dan 22 gol di semua kompetisi.

Seusai laga, Guardiola mengatakan dirinya angkat topi dengan lini pertahanan Brentford yang menurutnya tampil begitu solid dan membuat frustasi tim asuhannya. Terlepas performa menawan tim lawan, Guardiola mengaku City beruntung mempunyai Haaland.

"Jika saya harus memilih satu pemain, saya memilih dia (Haaland). Dalam tipe permainan seperti Brentford, dibutuhkan sosok Erling. Dengan tidak banyak ruang, mampu bermain dengan tipikal striker,"kata pelatih asal Spanyol itu

Gol itu yang ketiga bagi Haaland dalam tujuh laga sejak kembali dari cedera kaki yang membuatnya absen dua bulan. Pekan lalu, dia berduka atas meninggalnya neneknya, Tone Rascal, ibu dari ayahnya, Alf-Inge, pada usia 80 tahun.

ManCity kesulitan membongkar pertahanan Brentford yang tampil gigih. Kevin De Bruyne bahkan hanya duduk di bench pemain di sepanjang laga. Guardiola mengungkapkan playmaker asal Belgia itu cedera hamstring dan dia memutuskan tidak menurunkannya.

"Kevin baik-baik saja. Ini hanya untuk berjaga-jaga tetapi dia tidak merasa nyaman dan setelah lima bulan absen, kami tidak mengambil resiko,"kata Guardiola. 

Usai kemenangan itu, kini City kini hanya tertinggal satu poin dari pemuncak klasemen sementara Liverpool. Kemenangan itu membuat City di peringkat dua dengan 56 poin. City unggul satu angka dari Arsenal di peringkat tiga. Mereka hanya tertinggal satu poin dari Liverpool (57 poin) di puncak klasemen sementara.

Bek City Manuel Akanji mengatakan timnya harus bersusah payah mengamankan kemenangan 1-0 atas Brentford. Menurutnya, pertandingkan tidak mudah dan Brentford bertahan dengan sangat baik.

"Kami mencoba menyerang dari menit pertama hingga menit terakhir, dan kami mencetak gol melalui serangan balik, tepat ketika Brentford mungkin akan mencetak gol," kata bek Swiss itu.

City mendominasi kepemilikan bola hingga 70 persen dan melepaskan 11 tendangan on target. Namun mereka baru menghasilkan gol pada menit ke-71 melalui sontekan Haaland usai menerima umpan Julian Alvarez. Gol itu terjadi setelah bek Kristoper Ajer terpeleset, sehingga Haaland dapat menggiring bola tanpa halangan hingga ke mulut gawang lawan.

Kendati menelan kekalahan ke-14 untuk musim ini, pelatih Brentford Thomas Frank tetap memuji penampilannya timnya yang sudah bertahan sekuat tenaga sehingga The Citizen hanya bisa memasukkan satu gol saja.

"Sangat bangga dengan tim, sangat senang dengan penampilan kami, mereka adalah tim terbaik di dunia," kata Thomas Frank.

"Sangat sulit dihentikan, mereka banyak menguasai bola di luar kotak penalti, namun saya pikir kami mampu membatasi pergerakan mereka," ujar pelatih asal Denmark itu. ant

Komentar