nusabali

Incumbent Dek War Disundul Srikandi New Comer

  • www.nusabali.com-incumbent-dek-war-disundul-srikandi-new-comer

GIANYAR, NusaBali - Caleg DPRD Gianyar incumbent PDIP dari dapil Blahbatuh, I Made Wardana yang akrab disapa Dek War harus legowo. Dari perhitungan sementara, dia diprediksi tersingkir dalam Pileg 2024 dengan hanya mengantongi 2.400-an suara. Sementara Caleg new comer Ni Ketut Wirati, melenggang dengan mengantongi 3.644 suara.

Setelah pisah dapil dari Tampaksiring, dapil Blahbatuh menjadi dapil neraka. Sebagian besar anggota DPRD Gianyar dapil Blahbatuh-Tampaksiring yang lolos tahun 2019 lalu harus bertarung dengan gelanggang yang lebih kecil pada Pileg 2024 ini. Pada Pemilu 2019 lalu, Blahbatuh dan Tampaksiring menjadi satu dapil dengan 10 kursi DPRD Gianyar. Namun, pada Pemilu 2024 Dapil Blahbatuh terpisah dengan kuota 7 kursi. Sebaliknya, Dapil Tampaksiring dijatah sebanyak 5 kursi. 

Benar saja, pemisahan dapil tersebut harus menyingkirkan incumbent yang sudah tiga kali duduk di DPRD Gianyar, yakni I Made Wardana. Ia harus kehilangan kursinya. "Saya biasa saja, namanya berpolitik, dari perhitungan sementara oleh DPC saya tidak lolos. saya menerima kondisi ini, legowo," ujar Dek War saat dikonfirmasi, Minggu (18/2). 

Dek War yang pernah meduduki jabatan Ketua DPRD Gianyar ini mengaku suaranya dengan caleg satu partai yang berhasil lolos untuk kursi terakhir cukup tipis. Meski demikian, dirinya akan tetap di PDIP. "Jiwa saya masih di PDIP, saya akan tetap berkarya dan berjuang bersama PDIP," ungkap militan PDIP asal Belega, Blahbatuh ini. 

Sementara satu-satunya pendatang baru, Ni Ketut Wirati berhasil meruap 3.644 suara. Wirati yang merupakan istri dari politisi Demokrat I Ketut Jata. Dimana Jata saat ini masih duduk sebagai anggota DPRD Gianyar, namun dalam proses gugatan di persidangan karena di-PAW oleh induk partainya. Wirati berhasil mengunci kemenangan di Desa Keramas dan Medahan.  

Di lain sisi, kejutan diberikan oleh Srikandi PDIP yang dikenal lincah dan cekatan, Ni Made Ratnadi. Dia kembali sukses mencatatkan dirinya sebagai salah satu peraih suara tertinggi pada Pileg 2024 tingkat kabupaten. Bahkan suaranya pada Pileg 2019 yang mencapai 13.000 suara kini naik menjadi 16.700 suara. 

Dari data yang dihimpun, 7 caleg yang lolos dari dapil Blahbatuh, yakni Ni Made Ratnadi (PDIP) 16.792 suara, I Wayan Sudiartana (PDIP) 3.692 suara, Ni Ketut Wirati (PDIP) 3.644 suara, I Gusti Ngurah Anom Masta (Golkar) 2.897 suara, I Gusti Ngurah Kapidada (Gerindra) 3.906 suara, I Gusti Nyoman Yasa (PDIP) 3.338 suara, dan Gusti Ngurah Made Srena (PDIP) 2.635 suara. 7 nvi

Komentar