nusabali

Enam Peserta Lolos Tes Seleksi dan Kursus Penilai Wasit

  • www.nusabali.com-enam-peserta-lolos-tes-seleksi-dan-kursus-penilai-wasit

JAKARTA, NusaBali - Sebanyak Terdapat enam orang peserta, yang terdiri dari empat wasit dan dua asisten wasit, lolos tes seleksi dan kursus untuk menjadi penilai wasit PSSI, dalam proses yang berlangsung sejak Jumat (16/2). Tes tersebut terdiri dari dari dua katagori, yakni teknologi informasi dan tes law of the game.

Keenam orang itu disaring dari total 20 peserta. Tes dan kursus ini dipimpin instruktur wasit FIFA Mohamad Rodzali, yang diundang secara khusus oleh PSSI untuk memberikan materi. Selain Rodzali, juga dihadirkan tiga mantan wasit nasional, yakni Jimmy Napitupulu, Purwanto, dan Agus Haryono.

“Alhamdulillah saya bisa mendapatkan banyak ilmu lagi langsung dari Instruktur Wasit FIFA. Kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama bagi saya pribadi, untuk langkah karir saya berikutnya. Semoga saya bisa menyerap banyak ilmunya dan mempergunakannya kelak nanti apabila tidak lagi bertugas sebagai wasit, melainkan tugas baru sebagai penilai wasit," kata salah seorang peserta Oky Dwi Putra, di laman resmi PSSI, Sabtu (17/2).

Keenam orang itu akan terus mengikuti kegiatan sampai 17 Februari 2024. Mereka selanjutnya akan bergabung dengan wasit dan asisten wasit lainnya pada 22-25 Februari 2024.

Selain itu pada 26-29 Februari 2024 terdapat kegiatan akhir serupa juga untuk implementasi sistem pada kegiatan ini. Kegiatan dibagi jadi dua gelombang, yakni pertama pada 22-25 Februari, dan kedua pada 26-29 Februari. Pembagian menjadi dua gelombang disebabkan jumlah total peserta melebihi 30 orang.

PSSI sendiri menargetkan seleksi penilai wasit pad 14-18 Februari dapat menyentuh standar penilai wasit di Liga Inggris.

"Target kami (seleksi penilai wasit) harus bisa menyentuh standar dari Liga Inggris," kata Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria.

Sebanyak 20 calon penilai wasit ikut dalam kegiatan penerimaan penilai wasit baru. Mereka mantan wasit dan asisten wasit yang biasa mengawal kompetisi laga internasional, seperti Oky Dwi Putra, Fariq Hitaba, dan lain-lain.

Ratu Tisha mengatakan, PSSI saat ini memiliki 26 orang penilai wasit yang aktif sehingga dengan adanya seleksi ini maka akan semakin menambah jumlah dan kualitas penilai wasit.

Sejumlah materi yang dibahas meliputi pemahaman lebih dalam tentang peraturan sepak bola dalam mengawal suatu pertandingan, hingga mengenai Video Assistant Referee (VAR). ant

Peserta Lulus Seleksi dan Kursus Penilai Wasit:
1. Muhammad Khisfan (Wasit) - Bengkulu
2. Fariq Hitaba (Wasit) - D.I Yogyakarta
3. Maslah Ihsan (Asisten Wasit) - Sumatera Utara
4. Juhandri Setiana (Wasit) - DKI Jakarta
5. Oky Dwi Putra Senjaya (Wasit) - Jawa Barat
6. Aries Papuling (Asisten Wasit) - Maluku Utara

Komentar