nusabali

Momentum Rebut Puncak Klasemen

Duel Krusial Manchester City vs Chelsea, Minggu Dinihari

  • www.nusabali.com-momentum-rebut-puncak-klasemen

Kendati masih tertinggal dua poin dari Liverpool di puncak klasemen, tapi ManCity punya satu laga sisa lebih banyak. Karena itu, jika menang atas Chelsea, mereka akan menggeser The Reds dari puncak klasemen.

MANCHESTER, NusaBali
Menjamu Chelsea di Etihad Stadium, Minggu (18/2) dinihari, pukul 01:30 WITA, menjadi momentum juara bertahan Manchester City merebut puncak klasemen sementara. Alasannya, ManCity dalam performa bagus dan selalu menang dalam 11 laga terakhir di semua ajang. 

Pekan sebelumnya, ManCity menang 2-0 atas Everton. Setelah itu, menumbangkan tuan rumah FC Copenhagen 3-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions.
Ya, ManCity akan menjadi ujian besar Chelsea. Tim asuhan Pep Guardiola itu terus menunjukkan tren performa bagus, terutama usai Erling Haaland dan Kevin De Bruyne sembuh dari cedera. 

The Citizens kini di peringkat dua klasemen, dengan 52 poin dari 23 laga. Kendati masih tertinggal dua poin dari Liverpool di puncak, tapi City punya satu laga sisa lebih banyak. Karena itu, jika menang atas Chelsea, mereka akan menggeser The Reds dari puncak klasemen. 

Meski De Bruyne dan Haaland telah kembali, City belum diperkuat pemain kunci lain karena cedera, seperti Bernardo Silva, Josko Gvardiol, dan Mateo Kovacic. Mereka absen saat The Citizens menjamu Chelsea. Di website resmi klub, pelatih City Pep Guardiola menyebut pihaknya masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut untuk Bernardo. Gvardiol dipastikan absen dua pekan, dan Kovacic masih dalam masa pemulihan.

“Menghadapi Chelsea di kandang, dan kami harus pulih secepat mungkin,” kata Guardiola. 

Meski tanpa tiga pemain kunci tersebut City masih punya banyak opsi di bench. Dari sisi komposisi pemain City, Guardiola dapat dibilang tidak terlalu mengalami banyak masalah untuk laga kontra Chelsea dalam jadwal EPL pekan ini. 

Sedangkan Chelsea baru meraih dua kemenangan beruntun dengan skor 3-1, yakni atas Aston Villa di FA Cup dan Crystal Palace di Premier League. Bahkan saat di kandang Palace, Chelsea sempat tertinggal lebih dulu, sebelum akhirnya menang 3-1.

Meski demikian, performa Chelsea terbilang belum stabil. The Blues masih sulit menemukan konsistensi. Hal itu yang membuat Chelsea saat ini di peringkat ke-10 di klasemen EPL. 

Kini Chelsea pun mencoba mempertahankan tren positif. Namun misi tidak mudah, tapi fakta Chelsea sanggup menahan imbang 4-4 ManCity pada putaran pertama EPL 2023/24 dan itu jadi modal penting. 

Hal itu diutarakan Cole Palmer mantan pemain ManCity. Dia mengaku tak sabar kembali bermain di Stadion Etihad, meski kali ini datang sebagai lawan. 

"Menghadapi ManCity tentu akan menjadi pertandingan yang sulit. Tapi saya tidak sabar untuk kembali bermain di Etihad, dan tim juga sangat antusias menghadapi pertandingan ini," kata Cole Palmer. 

Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino mengatakan sepenuhnya fokus pada laga-laga The Blues, usai meraih dua kemenangan beruntun. Bahkan Pocchettino tidak peduli soal rumor yang menyebutkan dirinya akan kehilangan pekerjaannya dalam beberapa minggu atau bulan ke depan.

“Kami tahu betul apa realitas kami dan kami akan terus bekerja,”kata manajer asal Argentina. *

Prediksi Susunan Pemain 
Man City (4-2-3-1): Ederson Moraes; Kyle Walker, John Stones, Rúben Dias, Nathan Aké; Rodri, Rico Lewis; Phil Foden, Kevin De Bruyne, Jeremy Doku; Erling Haaland. Pelatih: Pep Guardiola. 

Info skuad: Gvardiol (cedera), Silva (meragukan), Grealish (meragukan), Kovacic (meragukan).

Chelsea (4-2-3-1): Đorđe Petrović; Malo Gusto, Axel Disasi, Levi Colwill, Ben Chilwell; Moisés Caicedo, Enzo Fernández; Cole Palmer, Conor Gallagher, Nicolas Jackson; Christopher Nkunku. Pelatih: Mauricio Pochettino.

Info skuad: Fofana (cedera), James (cedera), Cucurella (cedera), Lavia (cedera), Sanchez (cedera), Ugochukwu (cedera), Badiashile (cedera), Silva (cedera).

Lima Laga Terakhir
12-11-2023 Chelsea 4-4 Man City (EPL)
21-05-2023 Man City 1-0 Chelsea (EPL)
08-01-2023 Man City 4-0 Chelsea (FA Cup)
06-01-2023 Chelsea 0-1 Man City (EPL)
10-11-2022 Man City 2-0 Chelsea (EFL Cup).

Komentar