nusabali

Anggota Parlemen Dunia Pantau Pencoblosan di TPS Ungasan

  • www.nusabali.com-anggota-parlemen-dunia-pantau-pencoblosan-di-tps-ungasan

MANGUPURA, NusaBali - Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung mendapatkan kunjungan dari sejumlah anggota Parlemen Dunia dalam rangka pelaksanaan Election Observer Visit 2024 (pemantauan Pemilu) pada Rabu (14/2) pagi.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Ungasan, I Wayan Sukarya, menyampaikan bahwa sekitar pukul 09.00 Wita, delegasi dari anggota Parlemen Dunia dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan ke TPS 24, 25, dan 26 yang berlokasi di SD Nomor 8 Ungasan di Kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park. Dikatakan Sukarya, para delegasi hanya melakukan pemantauan terhadap proses pemilihan dan melihat proses pemungutan suara berlangsung. “Ada sekitar 30 orang delegasi dari berbagai negara yang hadir, namun saya tidak hafal semuanya,” ujar Sukarya.


Kata dia, anggota Parlemen Dunia yang hadir kemarin tidak memberikan saran, hanya memantau jalannya proses pemilu. Pemantauan tersebut berlangsung selama 30 menit sebelum para delegasi melanjutkan kunjungan ke lokasi lainnya yakni di TPS Banjat Teba, Kelurahan Jimbaran dan TPS di Desa Penglipuran, Kecamatan/Kabupaten Bangli. Dari pemantauan yang dilakukan di TPS Desa Ungasan, proses pemungutan suara berlangsung dengan baik dan kondusif. “Saya sudah memantu lokasi TPS se-Desa  Ungasan, proses pemungutan suara berlangsung dengan baik dan kondusif,” ujar Sukarya.

Kata Sukarya, kunjungan anggota Parlemen Dunia ini menjadi bagian dari upaya untuk memastikan transparansi dan keberlangsungan proses demokrasi dalam Pemilu 2024. Melalui pemantauan ini, diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang integritas dan kredibilitas pemilu di Indonesia, serta memperkuat kepercayaan masyarakat dalam sistem demokrasi negara. “Harapan saya semoga ke depan penyelenggaraan pemilu bisa lebih baik. Terkait penggunaan surat suara agar lebih simple, sehingga memudahkan pemilih dalam memberikan hak suaranya,” ujarnya. ol3

Komentar