nusabali

4 TPS di Buleleng Coblos Ulang Hari Ini

  • www.nusabali.com-4-tps-di-buleleng-coblos-ulang-hari-ini

SINGARAJA, NusaBali - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng, Selasa (20/2) hari ini akan melangsungkan Pemungutan Suara Umum (PSU) di 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) wilayah Kecamatan Banjar. Proses PSU akan dilangsungkan dari pukul 07.00 Wita sampai selesai. Proses pendistribusian logistik PSU pun dilakukan, Senin (19/2) sore dari gudang KPU Buleleng menuju Panitia Pemungutan Suara (PPS) dua desa.

PSU dilakukan KPU setelah mendapatkan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buleleng pasca temuan sejumlah persoalan saat pencoblosan 14 Februari lalu. Sebanyak dua TPS di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Buleleng yakni TPS 5 dan 6, ditemukan surat suara tertukar. Dua TPS ini yang semestinya mendapatkan surat suara DPRD Kabupaten dapil 8 Kecamatan Banjar, malah terselip surat suara DPRD dapil 3 Kecamatan Kubutambahan. Mirisnya kejadian tersebut diketahui saat proses pemungutan suara berlangsung. Puluhan surat suara tertukar itu pun sudah sempat dicoblos oleh pemilih.

Sedangkan dua TPS lainnya, yakni TPS 4 dan 5 Desa Temukus, Kecamatan Banjar ditemukan potensi pelanggaran dalam proses pungut hitung untuk surat suara Pemilihan Presiden. Pemilih luar Buleleng yang tidak membawa surat keterangan pindah memilih diberikan mencoblos hanya dengan KTP.

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana, Senin kemarin menerangkan persiapan PSU sudah dimantapkan dengan menggelar rapat pleno menghadirkan Forkopimda, aparat keamanan, pimpinan wilayah desa dna kecamatan dan juga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS desa bersangkutan. “Seluruh pelaksanaan PSU akan berlangsung seperti pungut hitung suara tanggal 14 Februari kemarin. Hanya saja, masyarakat yang ada di Daftar Pemilih Tetap (DPT) khusus TPS 5 dan 6 Desa Pedawa hanya memilih ulang DPRD Kabupaten. TPS 4 dna 5 Desa Temukus pemilihan ulang untuk presiden dan wakil presiden.” terang Dudhi.

Sedangkan pemilihan untuk surat suara lainnya sudah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari lalu. Seluruh proses PSU akan dimulai pada pukul 07.00 Wita hingga proses penghitungan suara selesai. Seluruh logistik yang diperlukan pun sudah akan tiba di PPS desa masing-masing. Bahkan surat suara yang disiapkan sejumlah DPT plus 2 persen surat suara cadangan. Proses penyiapan logistik pun sudah diperiksa berlapis dan dipastikan tidak ada lagi kekeliruan.

Data KPU Buleleng DPT TPS 5 Desa Pedawa sebanyak 292 orang, DPT TPS 6 Desa Pedawa 273 orang. Sedangkan di TPS 4 Desa Temukus ada 283 orang dan TPS 5 sebanyak 248 orang. Sementara itu proses pengamanan juga akan difokuskan oleh petugas keamanan TNI/Polri. 7 k23

Komentar