nusabali

Bawaslu Klungkung Rangkul Awak Media Awasi Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-bawaslu-klungkung-rangkul-awak-media-awasi-pilkada-2024

SEMARAPURA, NusaBali - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Klungkung menggelar rapat ‘Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan Bawaslu’ di sebuah hotel di Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (7/5). Kegiatan mengundang sejumlah OPD, instansi terkait termasuk awak media.

Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Gede Sutrawan mengatakan, peran media sangat penting dalam tahapan Pilkada yang akan datang, terutama dalam melawan berita-berita hoaks. “Peran media penting dalam mem-blocking berita hoaks terutama dalam tahapan Pilkada nanti,” kata Sutrawan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Klungkung I Komang Supardika mengatakan, hal-hal yang sedang dikerjakan jajarannya dalam rangka menyongsong Pilkada 2024. Di antaranya pembentukan badan ad hoc di tingkat kecamatan, melakukan sosialisasi ke stakeholder terkait pendaftaran calon kepala daerah jalur perseorangan, serta pengawasan pembentukan badan ad hoc di KPU.

Kegiatan pembinaan dan penguatan kelembagaan kemarin untuk membantu mengembangkan keterampilan dan kompetensi jajaran Bawaslu Kabupaten Klungkung, yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas pengawasan pemilihan umum dengan efektif.

Selain itu, adanya peran media untuk ikut melakukan pengawasan sangat penting agar Pilkada yang puncaknya pada 27 November 2024 berlangsung sukses. “Peran Pers ikut melakukan pengawasan dan kontrol dalam setiap tahapan (Pilkada,red), sehingga pelaksanaannya berlangsung aman dan lancar. Tak kalah penting peran media adalah turut menciptakan kondisi daerah yang kondusif,” ujar Supardika. wan 

Komentar