nusabali

Delegasi Parlemen Dunia Pantau Pemilu di Penglipuran

  • www.nusabali.com-delegasi-parlemen-dunia-pantau-pemilu-di-penglipuran

BANGLI, NusaBali - Delegasi The Inter-Parliamentary Union (IPU) atau Parlemen Dunia melakukan Election Visit Program (EVP) 2024 alias memantau proses Pemilu 2024 di Desa Tradisional Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli pada Rabu (14/2) sekitar pukul 08.50 wita. Para delegasi tersebut semangat untuk menyaksikan proses demokrasi.

TPS yang dikunjungi TPS 9, 10, 11 di balai masyarakat Desa Penglipuran. Para delegasi diterima Ketua KPU Bangli, I Kadek Adiawan.

Ketua KPU Bangli Adiawan memperkirakan delegasi yang berkunjung sebanyak belasan orang. Hanya saja pihaknya tidak tahu secara pasti dari negara mana saja. Kata Adiawan, pihaknya hanya bertugas mendampingi tamu-tamu delegasi ini. “Selain  Penglipuran para delegasi juga ke Kintamani untuk melakukan pemantauan penghitungan suara di TPS 7 dan 8 di Desa Batur Tengah,” ujar Adiawan. 

Dikatakan, berdasarkan laporan PPS (Panitia Pemungutan Suara), secara umum situasi pada hari pemungutan dan penghitungan suara di Bangli terbilang kondusif. “Mudah-mudahan sampai selesai, proses hitung situasi tetap kondusif,” ujar Adiawan.

Sementara salah satu delegasi asal Pakistan bernama Mohammad Ali mengatakan ini merupakan kunjungan pertamanya ke Indonesia. Dia mengaku sangat bersemangat menyaksikan langsung bagaimana proses pemilu ini. 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI yang telah memberikan kesempatan untuk menyaksikan pemilu di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia ini,” ujar Mohammad Ali. 

Pihaknya juga ingin mengapresiasi KPU dan seluruh penyelenggara pemilu yang berada di balik penyelenggaraan pemilu ini. “Yang telah menjamin pemilu damai dan transparan di Indonesia. Saya mendoakan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. Dan menantikan pemerintahan selanjutnya yang lancar dan sukses,” imbuhnya. 7esa.

Komentar