nusabali

Pj Bupati Gianyar Ingatkan KPPS Jaga Kesehatan

  • www.nusabali.com-pj-bupati-gianyar-ingatkan-kpps-jaga-kesehatan

Dewa Tagel mengapresiasi TPS percontohan di Banjar Peninjoan yang seluruh petugasnya perempuan.

GIANYAR, NusaBali
Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa maraton meninjau tempat pemungutan suara (TPS) di 7 kecamatan, Senin (13/2). Pj Bupati keliling bersama Forkopimda, KPU Provinsi Bali, dan KPU Gianyar. Rombongan mengunjungi TPS 019 di Banjar Kawan Tampaksiring, TPS 005 Banjar Pejeng Aji Tegalalang, TPS 003 Desa Klusa Kecamatan Payangan, TPS 12 Banjar Pande Sayan Ubud, TPS 006 Banjar Peninjoan Batuan Sukawati, TPS 33 Banjar Darmatiaga, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, dan TPS 008 Banjar Sengguan Kangin Gianyar bertempat di wantilan Pura Hyang Api Gianyar.

Dalam setiap kesempatan, Pj Bupati berbincang dengan petugas KPPS. Dewa Tagel mengingatkan KPPS menjaga kesehatan dan ingat sarapan sebelum bertugas. Saat hari H pencoblosan, dipastikan menguras tenaga, waktu, dan pikiran. “Jaga kesehatan, supaya hari H tidak ada yang sakit. Ingat sarapan,” pesannya. Tinjauan ke TPS ini untuk memastikan kesiapan melakukan pemungutan ataupun penghitungan suara. 


Dari beberapa TPS yang dikunjungi, telah menunjukkan kesiapannya serta sesuai petunjuk teknis yang ditetapkan KPU. Dewa Tagel berharap pemungutan suara berjalan tertib. “Masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik,” harapnya. Dewa Tagel juga menggugah partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih. Pj Bupati juga mengapresiasi TPS percontohan di Banjar Peninjoan yang seluruh petugasnya perempuan. “Ini menarik karena semuanya termasuk pengamanan dari kaum perempuan. Akan lebih menarik pas hari H karena informasinya mereka menggunakan busana adat nusantara,” ujar Dewa Tagel. 

Ketua KPPS TPS 006 Banjar Peninjoan, Ni Wayan Risna Pratiwi, 32, membenarkan petugasnya semua perempuan. Risna dkk menyambut antusias pesta demokrasi ini. “Busana adat nusantara disuport oleh Sampik Kostum. Kami ingin menyampaikan pesan kebhinekaan. Meskipun berbeda-beda, kita tetap satu Indonesia,” ujar  Risna. Sebagai TPS percontohan, Risna mengaku tidak sulit merekrut rekan sesama perempuan untuk terlibat. Di Banjar Peninjoan ada 3 TPS. “Masing-masing TPS terdiri dari 240 DPT, 240 DPT, dan 239 DPT,” ujar Kepala Kewilayahan Banjar Peninjoan I Nyoman Suarsana. 7 nvi

Komentar