nusabali

19.965 Pemilih Pemula di Denpasar Sudah Perekaman e-KTP

  • www.nusabali.com-19965-pemilih-pemula-di-denpasar-sudah-perekaman-e-ktp

DENPASAR, NusaBali.com - Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar gencar melakukan layanan Perekaman dan Pencetakan e-KTP bagi kelompok remaja usia 17 tahun.

"Target kami 100% pemilih pemula di Denpasar memiliki e-KTP," tegas Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Denpasar, Ni Putu Puji Astuti, Kamis (8/2/2024).

Hingga Rabu (7/2), tercatat 19.965 jiwa dari 23.472 pemilih pemula di Denpasar telah melakukan perekaman e-KTP. Persentasenya mencapai 85,07%.

"Kecamatan Denpasar Timur memiliki persentase tertinggi dengan 86,26%, sedangkan Denpasar Barat terendah, 83,29%," ungkap Analis Kebijakan Ahli Muda Disdukcapil Denpasar, AA Ayu Ekawathi.

Disdukcapil Denpasar tak hanya mengandalkan layanan di kantor, tetapi juga Pelayanan Jemput Bola (JB) Pelayanan Langsung Jadi (Pelangi) ke sekolah, hingga  melayani penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

"Kegiatan ini bukan hanya karena Pemilu, tapi program rutin untuk memfasilitasi hak warga negara," jelas Puji.

Eka menambahkan, "Data ini hasil dari keseluruhan pelayanan rutin Disdukcapil."

Disdukcapil berharap masyarakat proaktif untuk perekaman e-KTP. "Target ini pasti sulit tercapai kalau tidak didukung oleh warga," tandas Puji. *ol4

Komentar