nusabali

Arteta Kian Semangat Arsenal Kembali ke Persaingan Juara

  • www.nusabali.com-arteta-kian-semangat-arsenal-kembali-ke-persaingan-juara

LONDON, NusaBali - Arsenal kembali dalam perburuan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini, setelah mengalahkan pemuncak klasemen Liverpool. The Gunners juga telah belajar banyak dari musim lalu.

Demikian dikatakan Mikel Arteta usai Arsenal membungkam Liverpool 3-1 pada laga lanjutan Liga Primer Inggris 2023/2024, yang berakhir Senin (5/2) dinihari Wita.  Kini The Gunners memperkecil jarak dengan The Reds menjadi hanya dua poin.  Arsenal pun telah memenangkan tiga pertandingan beruntun setelah hanya sekali menang dalam tujuh laga.

Usai pertandingan, Arteta menganggap pentingnya kemenangan Arsenal atas Liverpool. Sebab statistik menuliskan, sebelumnya Liverpool tidak pernah kalah di Premier League sejak 30 September.

"Kami ada di sana dan di situlah kami ingin berada. Kami benar-benar konsisten lagi," kata Mikel Arteta, kepada BBC Radio 5 Live, yang dinukil bola.com.

Arsenal sejatinya di atas angin untuk juara Liga Pmusim lalu. Bukayo Saka dkk sempat memimpin dengan delapan poin pada awal April 2023.  Tapi karena merasakan momen empat laga tanpa kemenangan pada akhirnya Arsenal harus melihat Manchester City meraih gelar juara.

Arteta pun menegaskan timnya banyak belajar dari kekalahan bersaing lawan ManCity. Menurutnya, sangat penting ketersediaan skuad sangat baik sepanjang musim. Artinya meminimalisir jumlah pemain yang cedera. 

"Pada akhirnya untuk bersaing menjadi juara, hasil akhir yang dilihat bukan soal performa. Kami harus sangat konsisten sepanjang musim, jika tidak, Anda tidak akan berada di posisi kami saat ini," kata Arteta. 

Sementara itu, manajer Liverpool Juergen Klopp kecewa dengan keputusan wasit saat timnya kalah 1-3 dari Arsenal. Menurutnya ada beberapa episode wasit Anthony Taylor yang merugikan Liverpool. 

Di antaranya Klopp berpendapat pemain Arsenal layak mendapat kartu merah. Jika melihat ke belakang, Taylor memang dikenal sering memantik kontroversi saat memimpin pertandingan. 

"Wasit memberi saya kartu merah saat melawan ManCity karena situasi pergulatan antara Bernardo Silva dan Mo Salah. Hari ini, situasi yang sama dialami pemain kami Diogo Jota, tapi lawan tidak mendapatkan kartu merah," kata Klopp. 

Namun pada akhirnya terlepas dari kekecewaan terhadap wasit Taylor, Klopp tetap memberikan pujian kepada Arsenal. Sisi lain Klopp melihat sangat manusiawi jika Liverpool akhirnya merasakan kekalahan.

"Selamat untuk Arsenal. Kami tidak cukup bagus. Saya ingin melihat pertandingan lebih lama pada skor 1-1. Kami menemukan cara untuk masuk ke dalam permainan. Tidak ada shot on goal tetapi kami mencetak gol," kata Klopp. *

Komentar