nusabali

Kendaraan Mangkal Sembarangan, Bendesa Adat Kuta Pasang Badan

  • www.nusabali.com-kendaraan-mangkal-sembarangan-bendesa-adat-kuta-pasang-badan

MANGUPURA, NusaBali - Sebuah video viral di media sosial (medsos) memperlihatkan Bendesa Adat Kuta Komang Alit terlihat kesal kepada para oknum driver online yang mangkal seenaknya di badan jalan sepanjang Jalan Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Sabtu (3/2) malam. Dalam video berdurasi singkat tersebut, Alit Ardana berjalan sendirian sambil menghampiri satu per satu kendaraan yang mangkal karena telah mengakibatkan kemacetan.

Saat dikonfirmasi terkait video viral tersebut, Alit Ardana mengaku bahwa saat itu sedang melakukan pemantauan seorang diri. Di saat pemantauan itu mendapati ada sejumlah kendaraan mangkal di badan jalan yang mengakibatkan kemacetan, sehingga secara spontan langsung menegur sang driver.

“Saya selalu memantau situasi sendiri pada malam Minggu. Waktu itu macet, ternyata karena kendaraan parkir dan pengemudinya sambil tidur. Saya bilang jangan parkir di sana, sehingga mereka langsung pergi,” ujarnya, Minggu (4/2) sore.

Menurut Alit Ardana, banyak mata yang mengetahui tindakannya. Namun, dia mengaku tidak mengetahui siapa yang merekam hingga videonya viral di medsos. “Kemarin itu tidak ada maksud ingin diekspose, hanya ingin menertibkan secara spontan saja. Astungkara tidak ada perlawanan kemarin dari driver,” ucapnya.

Meskipun aksinya itu viral di medsos, namun menurut Alit Ardana warga memberikan tanggapan positif terhadap aksi spontanitasnya itu dan menyatakan dukungan terhadap gerakan tersebut. “Tanggapan dari warga positif, mendukung gerakan saya kemarin walaupun sifatnya spontanitas. Sebetulnya warga was-was kalau saya sendiri, tapi itu artinya sayang sama bendesa,” katanya.

Setelah kejadian tersebut, Alit Ardana pun berencana melakukan penertiban secara berkesenimbungan. Sebagai gerakan awal, satgas akan ditempatkan di lapangan. Dia berharap para satgas tidak hanya berjaga di posko saja, tetapi juga dapat memantau kendaraan yang parkir sembarangan.

Di samping itu, Alit Ardana juga berencana menyasar ojek liar hingga orang yang minum-minum di tempat yang tidak jelas. Dia berkomitmen membentuk tim pengamanan terpadu dengan melibatkan unsur Polri, TNI, Satpol PP, dan Dishub untuk mengatasi permasalahan ini. 7 ol3

Komentar