nusabali

Sutha Fokus Ultra Marathon

  • www.nusabali.com-sutha-fokus-ultra-marathon

JAKARTA, NusaBali - Di tahun 2024, penyanyi Putu Sutha Natha Wijaya telah memiliki agenda untuk mengikuti marathon. Bahkan, dia akan meningkatkan kategori lari marathonnya. Biasanya, Sutha mengikuti marathon 5 km 10 km, 21 km atau 42 km. Kali, ini dia akan mengikuti ulta marathon atau 60 km.

"Tahun ini, saya fokus untuk ultra marathon karena ingin coba naik ke kelas 60 km. Walaupun, sudah ada beberapa race yang akan saya ikuti seperti Pocari Bandung (Juli) dan Maybank Marathon Bali (Agustus) di kategori 10K, tapi itu hanya untuk menemani teman-teman yang baru pertama kali ikutan race event," ujar Sutha, Senin (29/1).

Menurut Sutha, ultha marathon terdekat yang akan dia ikuti adalah Binloop Ultra kategori 60 km di Kawasan Bintaro Loop, Tangerang, Provinsi Banten pada awal Mei nanti. Marathon tersebut merupakan agenda tahunan di kawasan tersebut. Di sana, ada kategori 12 km, 60 km, 120 km dan 200 km.

"Binloop Ultra adalah race offline pertama saya waktu baru belajar lari di tahun 2022. Saya sudah dua kali ikut kategori 12 km. 12 km batas waktu (COT) nya tiga jam. Saat itu, saya finish di kisaran 1 jam 30 menitan," terang Sutha. Di 60 km nanti, COTnya 10 jam.

Start mulai jam dua siang. Oleh karena itu, Sutha telah melakukan beberapa persiapan. Dia semakin rajin berlatih. Dia juga membiasakan diri latihan lari siang dan malam hari. Kemudian, menambah mileages mingguan.

Biasanya hanya 30 km/minggu, sekarang dinaikan menjadi 50-60 km/minggu. Lalu memperhatikan asupan nutrisi dan tambahan suplemen. "Jadi, tahun ini saya benar-benar fokus di Ultra Marathon," papar Sutha.

Tujuan utamanya, kata Sutha, karena dia ingin bisa ikut event ultra marathon charity NusantaRun di Bali pada Desember mendatang yang merupakan full course. Di mana Full course itu, di atas 100 km. "Terdengar seperti "gila" sih, tapi saya ingin sekali tahu rasanya bagaimana lari ultra marathon," ucap Sutha. 7 k22

Komentar