nusabali

Krama Banjar Denuma Dapat Bantuan Gender

  • www.nusabali.com-krama-banjar-denuma-dapat-bantuan-gender

TABANAN, NusaBali - Kementerian Sosial (Kemensos) RI berikan bantuan gender untuk mendukung kreatifitas seni di Banjar Denuma, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan. Bantuan ini difasilitasi anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Bali, I Gusti Ngurah Kesuma Kelakan.

Alat musik gender bantuan Kemensos RI diterima langsung oleh Kelian Adat Banjar Denuma Made Budiarta didampingi Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto. Kemensos juga berikan bantuan penguatan ekonomi berupa tenda dan kursi.

Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto mengucapkan terima kasih atas bantuan kearifan lokal dan penguatan ekonomi dari Kemensos RI. Menurut Sugianto, semangat seni di Desa Kukuh sangat tinggi. Namun piranti pendukung masih kurang. “Kami mencoba mengajukan proposal untuk mendapatkan gender. Hari ini bantuan telah kami terima. Selain gender, kami juga dibantu tenda dan kursi,” ungkap Sugianto, Jumat (26/1).

Gender sangat diperlukan saat upacara keagamaan, salah satunya di acara Manusa Yadnya yakni mapandes (potong gigi) maupun saat pengabenan. Alat musik gender juga bisa disandingkan dengan gamelan. Bantuan tenda dan kursi dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan adat maupun keagamaan. Warga yang antusias mendapatkan bantuan gender langsung memainkan alat musik tersebut di hadapan Kesuma Kelakan. 7 k21

Komentar