nusabali

Kemensos Kucurkan Bantuan Rp 3,5 Miliar

  • www.nusabali.com-kemensos-kucurkan-bantuan-rp-35-miliar

BANGLI, NusaBali - Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengucurkan bantuan untuk Pemkab Bangli sebesar Rp 3,5 miliar lebih. Bantuan tersebut diserahkan dalam Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang dirangkaikan dengan Hari Disabilitas Internasional (HDI), Selasa (20/12). 

Peringatan dilakukan melalui video conference di Alun-alun Bangli. Sedangkan HKSN tahun 2022 dipusatkan di Kabupaten Klungkung. Diketahui,  bantuan yang diterima senilai Rp 3.566.794.655 meliputi Bantuan Atensi, Permakanan Disabilitas, Alat Bantu Disabilitas, Dukungan Kewirausahaan dan Dukungan ATENSI Untuk Rumah sejahtera terpadu.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan bantuan ini sangat diperlukan bagi masyarakat Bangli, terutama penyandang disabilitas. Bertepatan dengan peringatan HKSN dan HDI, pihaknya berharap agar masyarakat Bangli terus meningkatkan kepedulian dan kesetiakawanan antar sesama dengan semangat gotong royong serta semangat kepedulian. "Kita meyakini dan harus meyakini bahwa kawan-kawan ini (disabilitas) sama seperti kita yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing," ungkapnya.

Bupati Sedana Arta menyampaikam banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan melalui Kementerian Sosial ini. Selain bantuan yang bersumber dari APBN, Pemkab Bangli juga telah memberikan beragam bantuan dari APBD bagi penyandang disabilitas. Salah satunya bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Bantuan ini diberikan untuk tiga bulan mulai dari Oktober hingga Desember, sebesar Rp 150.000 per bulan. Pencairannya secara rapel. Jadi tiap penerima mendapatkan Rp 450.000. "Pemerintah juga melakukan bedah rumah, memberikanalat bantu disabilitas dan lansia, paket sembako serta jaminan kesehatan," imbuhnya.7esa

Komentar