nusabali

PBSI Evaluasi Turnamen Jelang Olimpiade

  • www.nusabali.com-pbsi-evaluasi-turnamen-jelang-olimpiade

JAKARTA, NusaBali - Manajer Tim Ad Hoc PBSI Armand Darmadji menyatakan evaluasi di sepanjang dua turnamen awal tahun ini terus dilakukan. Turnamen Malaysia Master dan India Open merupakan ajang penting untuk mengumpulkan poin menuju Olimpiade 2024 Paris,

“Pasti, kami selalu evaluasi. Dari tahun lalu kita sudah merapikan semua baik internal maupun atletnya. Kita sedang proses,” kata Armand, di Istora Senayan Jakarta, Senin (22/1).

Lebih lanjut, Armand mengatakan pihaknya bersama kelompok kerja (pokja) PBSI untuk Olimpiade Paris juga terus melakukan peninjauan kembali (review) terkait hasil dua turnamen kemarin, yakni Malaysia Open dan India Open.

Ya, pada dua turnamen pembuka 2024 tersebut, Indonesia gagal berhasil mengirim satu wakil pun di semifinal dan final. Armand pun mengatakan, diperlukan perbaikan menyeluruh demi kembali tampil kompetitif dan memiliki banyak atlet yang lolos ke Olimpiade.

“Tentu kita sadari kita perlu perbaikan. Memang yang disampaikan, kita dalam proses perbaikan. Kami tak berdiam. Jadi kami ini dalam proses perbaikan dan tidak bisa langsung jadi. Perlu waktu untuk prosesnya agar bisa berjalan sampai Olimpiade,”kata Armand

Armand pun tak menampik fakta semua wakil Indonesia tidak bisa menembus babak empat besar di Malaysia dan India menjadi sebuah alarm tersendiri bagi federasi. Armand menilai, ada faktor yang tidak diantisipasi dengan baik, seperti contohnya kehadiran para pemain muda yang mampu tampil kompetitif dan mengalahkan pemain-pemain unggulan.

“Kita melihat, kemarin Malaysia banyak pemain pemain baru yang tampil di final. Memang ini tak terprediksi. Jadi seluruh pemain peningkatannya luar biasa pesat,” kata Armand.

“Jadi kami tak hanya membuat pemain bukan hanya bermain biasa, tapi metode dan strategi lain yang akan kita buat untuk memperbaiki hal itu secara menyeluruh, pun dengan adanya tim psikologi,” kata Armand.

Sementara itu, Jakarta menjadi tuan rumah turnamen BWF Super 500 Indonesia Masters 2024 pada 23-28 Januari ini. Turnamen itu salah satu ajang kualifikasi menuju Olimpiade 2024 Paris, total 9.200 poin ranking, serta memperebutkan prize money total mencapai 420 ribu dolar AS (Rp 6,3 miliar). ant

Komentar