nusabali

Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa TPS3R

  • www.nusabali.com-hujan-deras-pohon-tumbang-timpa-tps3r

TABANAN, NusaBali - Hujan deras mengguyur Tabanan mengakibatkan pohon tumbang di dua lokasi, Jumat (19/1). Lokasi pertama, pohon jenis kelapa menimpa TPS3R (tempat pengolahan sampah reduce-reuse-recycle) di Banjar Selabih Tengah, Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat. Lokasi kedua, pohon perindang timbang menutup setengah badan jalan di Desa Belalang Kecamatan Kediri.

Kepala Pelaksana BPBD Tabanan I Nyoman Sri Nadha Giri mengatakan pohon yang tumbang tersebut sudah mendapat penanganan. Tim TRC diturunkan dengan dibentuk beberapa regu. "Hujan tadi (kemarin) memang menyebabkan adanya pohon tumbang. Namun skala kecil," jelasnya.

Disebutkan, untuk pohon kelapa yang menimpa TPS3R tersebut merusak bagian atap. Namun meskipun skala kecil bangunan harus dilakukan rehab ulang di bagian atap. "Tim sudah mencatat kerugian sementara. Dan untuk tindak lanjutnya pengelola TPS3R diminta untuk membuat proposal bantuan penanganan," katanya.

Pohon tumbang yang menutup badan jalan tersebut telah selesai diatasi. Pohon yang tumbang ini tidak besar yang rimbun itu hanya daunnya. "Sudah selesai diatasi. Seluruh kejadian Jumat pagi saat hujan sedang deras," terang Sri Nadha Giri.

Di sisi lain, dalam penanganan bencana di Tabanan BPBD Tabanan telah siap lahir batin. Selain itu pihaknya telah bersurat ke masing-masing kecamatan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Disebutkan, surat yang disebar tersebut intinya memberikan imbauan. Antara lain, mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Memangkas pohon yang membahayakan tempat hunian. Selaku memperhatikan peringatan dini BMKG.

"Kami juga meminta mempersiapkan semua potensi dan sumber daya penanggulangan bencana yang tersedia dimasing-masing wilayah. Serta segera menghubungi BPBD Tabanan dan instansi terkait bila terjadinya bencana," bebernya.

Selain itu, dari segi kesiapan alat, Sri Nadha Giri mengaku sudah maksimal. Sebab BPBD Tabanan juga sudah mendapat bantuan mesin pemotongan kayu dari pusat. "Kalau untuk alat berat dalam hal penanganan tanah longsor kita koordinasi saja dengan instansi terkait. Karena memang dari segi alat berat kita belum punya," tandasnya.7des

Komentar