nusabali

Baksos ‘Ngrombo’ Kesbangpol Bali Salurkan Rp 825 Juta

  • www.nusabali.com-baksos-ngrombo-kesbangpol-bali-salurkan-rp-825-juta

DENPASAR, NusaBali - Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya memberi apresiasi terhadap kegiatan Bakti Sosial Ngrombo yang digagas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali sebagai salah satu upaya dalam penanganan kemiskinan ekstrem. Sejak dijalankan tahun lalu program ini telah menggelontorkan Rp 825 juta lebih kepada warga kurang mampu.

Pj Gubernur Mahendra Jaya menghadiri Bakti Sosial Ngrombo di areal parkir Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali, Jumat (19/1). Pada kesempatan tersebut Pj Gubernur meminta agar kegiatan bakti sosial ngrombo ini terus dipertahankan dan ditingkatkan. Kegiatan bakti sosial Ngrombo yang merangkul 601 organisasi masyarakat se-Bali dan sudah dilakukan sebanyak 32 kali selama tahun 2023 menjadi kegiatan yang patut untuk dilanjutkan pada tahun-tahun selanjutnya.

“Kita patut bersyukur bisa melewati tahun 2023 sebelumnya, yang tentu begitu banyak tantangan. Namun dengan hadirnya bapak ibu yang mau berbagi kepada sesama kita yang tidak seberuntung kita, saya sangat bersyukur dan berterima kasih. Dengan semakin banyaknya orang tulus dan bersedia berbagi, maka saya yakin akan mampu melewati setiap ujian yang akan datang pada tahun-tahun berikutnya,” kata Pj Gubernur Mahendra Jaya.

Mahendra Jaya juga menambahkan, Bali merupakan sebuah destinasi yang dikunjungi wisatawan, sehingga menjadi sangat tidak adil bagi mereka yang masih merasakan kesulitan ekonomi, bahkan masih mengalami stunting dan kemiskinan ekstrim.  

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata mengatakan bahwa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali pada tahun 2023 telah melaksanakan Bakti Sosial Ngrombo bersama organisasi kemasyarakatan, yayasan, komunitas dan paguyuban etnis dalam rangka pengentasan kemiskinan ekstrem di wilayah Provinsi Bali sebanyak 32 kali. “Kegiatan ngrombo ini menyasar masyarakat kurang mampu, miskin ekstrem, disabilitas dan yatim piatu di 9 Kabupaten/Kota se-Bali yang dilaksanakan setiap hari Jumat pagi,” jelasnya.   

Memasuki tahun 2024, Badan Kesbangpol Provinsi Bali bersama 87 organisasi masyarakat kembali melaksanakan Bakti Sosial Ngrombo yang ke 33 kalinya, dengan menyalurkan sumbangan berupa 2 buah kursi roda, 7 paket bantuan uang sekolah anak yatim piatu, 1 paket bantuan modal usaha, 61 paket bantuan sembako, serta bantuan berupa makanan, minuman, tas sekolah dan barang lainnya yang jika ditotal berjumlah Rp29.678.000.

Sejak awal hingga saat ini pelaksanaan Bakti Sosial Ngrombo, sumbangan dari organisasi kemasyarakatan, yayasan, komunitas dan paguyuban etnis yang di antaranya berupa paket sembako, kursi roda, uang sekolah, voucher belanja, berbagai jenis makanan, pakaian dan lainnya jika dihargakan berjumlah Rp 825 juta lebih. 7 cr78

Komentar