nusabali

Joan Mir Tegaskan Ada Perubahan Besar Timnya

Repsol Honda Dikhabarkan Jadwalkan 22 Ujicoba Privat

  • www.nusabali.com-joan-mir-tegaskan-ada-perubahan-besar-timnya

AALST, NusaBali - Jelang hadapi MotoGP 2024, Joan Mir menegaskan ada perubahan besar yang terjadi di Repsol Honda. Rider asal Spanyol itupun mengatakan siap beradaptasi, dan menanti hasil yang baik musim ini.

Ya, Repsol Honda mengalami keterpurukan pada musim lalu. Dua pembalapnya, Joan Mir dan Marc Marquez terlempar dari zona 10 besar klasemen akhir MotoGP 2023. Di klasemen konstruktor, Repsol Honda juga berada di urutan terbawah.

Meski demikian, Mir mengatakan, saat ini Repsol Honda siap untuk perubahan besar pada MotoGP 2024. Juara MotoGP 2020 itu sadar, butuh waktu yang lama untuk beradaptasi. Namun, Mir siap untuk bertaruh demi kemajuan Tim Sayap Emas -julukan Repsol Honda.

“Pasti ada sesuatu yang berubah di Honda, tetapi biasanya ketika perubahan besar telah dilakukan, dibutuhkan beberapa tahun untuk memahami apakah perubahan tersebut berhasil atau tidak,” kata Mir dilansir OkeSport, dari Corsedimoto, Rabu (17/1).

“Ini seperti taruhan. Kami butuh perubahan dan saya melihat sesuatu terjadi. Saya punya waktu lebih banyak dibandingkan Marc (Marquez), tapi tidak banyak,” kata Mir.

Kepergian Marc Marquez dan kedatangan Luca Marini akan mengubah peta kekuatan Repsol Honda. Mir mengatakan senang akan merasakan perbedaan dari musim pertamanya saat tiba di Aalst, Belgia -markas Repsol Honda.

“Saya senang, karena untuk pertama kalinya sejak saya berada di sini saya merasakan perbedaannya. Sesuatu bekerja lebih baik. Sedikit terjatuh dan memahami dimana batasnya adalah salah satu kekuatanku,” kata Joan Mir.
   
Lebih lanjut, Joan Mir mengatakan semua perubahan itu tidak akan berguna jika tidak ada konsistensi. Mir juga menegaskan, Repsol Honda dapat mengikuti strategi Suzuki untuk memenangkan kompetisi.

“Untuk memperjuangkan sesuatu yang penting kita harus memahami bagaimana caranya konsisten dan tidak melakukan kesalahan. Jadi (ketika) saya memenangkan kejuaraan bersama Suzuki, titik di mana kami paling kehilangan adalah keluar tikungan, karena kami kekurangan traksi. Honda bekerja keras, tapi itu butuh waktu,” kata Joan Mir.

Sementara itu, tim balap pabrikan Honda (HRC/Repsol Honda) sendiri dilaporkan menjadwalkan setidaknya sebanyak 22 ujicoba privat sebagai persiapan untuk MotoGP 2024.

Dikutip dari laman resmi MotoGP pada Rabu, ujicoba privat itu akan diikuti dua pembalap utama Honda, yakni Joan Mir dan Luca Marini, bersama dengan pembalap cadangan tim yaitu Stefan Bradl. Salah satu ujicoba privat itu diadakan di Circuito de Jerez-Angel Nieto, Spanyol, pada 24 dan 25 Januari.

Adapun Bradl, yang merupakan pembalap Honda di kelas balap World Superbike (WSBK), juga akan mempersiapkan diri jelang sesi uji coba resmi MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, awal Februari nanti.

Honda pun dilaporkan tengah mencari pembalap penguji atau cadangan kedua untuk ikut membantu Bradl, serta menjadi mitra bagi Mir dan Marini untuk saling bertukar pendapat selama sesi uji coba berlangsung.

Di sisi lain, tim pabrikan Jepang lainnya, Yamaha, sebelumnya juga mengungkapkan mengikuti langkah Honda untuk menyempurnakan performa motor bersama para pembalapnya jelang MotoGP 2024.

Hal itu diungkapkan pembalap baru Yamaha, Alex Rins, yang mengatakan akan menjalani ujicoba privat dalam jumlah yang cukup banyak. Musim ini menjadi debut Rins bersama Yamaha. Dia berada di satu tim dengan Fabio Quartararo. ant

Komentar