nusabali

Gagal ke Paris, Talitha Judith Bertekad Tembus Olimpiade AS

  • www.nusabali.com-gagal-ke-paris-talitha-judith-bertekad-tembus-olimpiade-as

JAKARTA, NusaBali - Mantan atlet menembak Bali Talitha Judith Almira bertekad tampil di Olimpiade 2028 di Amerika Serikat. Tekad tersebut digelorakan, setelah peluang ke Olimpiade 2024 di Paris tertutup bagi Talitha.

“Saya ingin ke Olimpiade 2028 di Amerika, karena kan kita hampir dapat kuota dan ternyata tidak jauh banget selisihnya, dan kuota itu hanya kurang sedikit lagi. Nah mungkin malah kita akan mendapatkan lebih besar ke depan, targetnya ke Olimpiade yang selanjutnya, di Amerika” ujar Talitha, di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Kamis.

Cabang olahraga menembak mendapatkan satu tiket ke Olimpiade 2024 di Paris, melalui Fathur Gustafian di nomor 10 meter Air Rifle Putra senior.  Sedangkan dalam kualifikasi nomor pistol 25 meter putri Asian Rifle/Pistol Championship 2024 pada Kamis (11/1), Talitha menghuni posisi ke-27 dengan catatan poin 571-18x.

Selanjutnya, untuk mengejar mimpinya ke Olimpiade 2028 AS, Talitha meminta semua pemangku kepentingan dapat mengambil langkah-langkah tepat dan terukur, agar cabang olahraga menembak dapat kembali mengirim atlet ke pesta olahraga terbesar di dunia itu.

“Kalau kita memang benar serius mengejar Olimpiade, maka harus jelas siapa orangnya, apa program aksinya, apa targetnya, evaluasi kita harus benar benar dimatangkan lagi. Kita harus berjiwa besar bahwa negara negara lain lebih dulu memulai. Mungkin kita hanya terlambat. Sebenarnya kita harus bangga dan kelebihan kita dan harus siap untuk menyelesaikan apa yang menjadi kekurangan kita,” ujar atlet yang pernah membela Bali pada PON XX/2020 di Papua.

Menurut Talitha Judith faktor persiapan negara-negara pesaing di Asian Rifle/Pistol Championship 2024, khususnya pada nomor pistol 25 meter, membuat mereka menjadi lebih unggul. Talitha menghuni posisi ke-27 dengan poin 571-18x. Nomor itu dikuasai atlet-atlet menembak Korea Selatan (Korsel) dan India. 

“Kemampuan kami dengan mereka itu sebenarnya tidak berbeda jauh. Yang membedakan persiapannya. Kami sudah melakukan persiapan gila-gilaan. Kami sudah setahun, mungkin terbaiknya menembaknya Indonesia. Tapi kami harus mengakui mereka lebih siap,” ujar Talitha, yang juga pernah tampil di Asian Games 2018 itu.

Talitha Judith sendiri pindah ke DKI Jakarta setelah mendapat pekerjaan di ibukota. Kepindahan Talitha melalui proses dan persyaratan, karena diterima bekerja di DKI Jakarta. Bahkan Talitha juga resmi jadi penduduk DKI, usai mendapatkan pekerjaaan. 

"Saya diterima bekerja di Jakarta dan akan melanjutkan S2 di Jakarta sehingga domisili saya sekarang di DKI Jakarta," kata Talitha Judith. ant

Komentar