nusabali

Bupati Giri Prasta Hadirkan Gedung Graha Pemilu Alaya Giri Nata

Simbol Komitmen Kuat Wujudkan Kedaulatan Rakyat dan Demokrasi

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-hadirkan-gedung-graha-pemilu-alaya-giri-nata

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung menghadirkan Gedung Graha Pemilu Alaya Giri Nata, yakni gedung kembar untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Badung dalam satu lokasi di Jalan Kebo Iwa Utara, Denpasar.

Setelah dipelaspas atau diresmikan secara niskala pada Purnama Kapitu yang jatuh pada Buda Paing Landep, 27 Desember 2023 lalu, kini Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan berita acara serah terima pinjam pakai Gedung Graha Pemilu Alaya Giri Nata (Gedung Kantor KPU dan Bawaslu Badung satu atap) kepada KPU dan Bawaslu RI, Kamis (11/1).

Acara serah terima pinjam pakai Gedung Graha Pemilu Alaya Giri Nata ini dihadiri langsung Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari beserta jajaran, Ketua Bawaslu RI Rahmat beserta jajaran, Pj Gubernur Bali Irjen (Purn) Sang Made Mahendra Jaya, jajaran Forkopimda Badung, Wakil Ketua I DPRD Badung I Wayan Suyasa, Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Badung, Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, Ketua Bawaslu Bali Putu Agus Tirta Suguna, serta Komisioner KPU dan Bawaslu se-Bali.

Foto: Bupati Nyoman Giri Prasta disaksikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat menyerahkan berita acara serah terima pinjam pakai Gedung Graha Pemilu Alaya Giri Nata, Kamis (11/1). -PROKOPIM BADUNG

Bupati Giri Prasta mengatakan fasilitas Gedung Graha Pemilu Alaya Giri Nata dibangun bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu sebagai sarana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945, yang bertujuan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD, serta Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang mampu mencerminkan nilai-nilai demokrasi dan dapat menyerap serta memperjuangkan aspirasi rakyat sesuai dengan tuntutan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sesuai peraturan perundang-undangan khususnya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 434 telah mengamanatkan bahwa untuk kelancaran pelaksanaan tugas penyelenggara Pemilu, pemerintah daerah wajib membantu dan fasilitasi KPU dan Bawaslu sesuai dengan ketentuan regulasi. Untuk itu kami Pemerintah Kabupaten Badung hadir membangun Gedung Alaya Giri Nata dengan menghabiskan total anggaran sebesar Rp 29.669.913.96. ini wujud rasa cinta kami pada KPU dan Bawaslu," ujar Bupati Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta menambahkan gedung ini bukan hanya sekadar struktur fisik, melainkan simbol dari komitmen kuat Pemerintah Kabupaten Badung dalam mendukung KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024. "Alaya Giri Nata hadir sebagai wujud nyata bahwa pemerintah daerah bersedia memberikan fasilitas yang memadai untuk memastikan kelancaran setiap tahapan Pemilu," ungkapnya sembari menyebut juga akan akan memberikan dukungan pembangunan gudang dan basement.

Foto: Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta. -IST

Lebih lanjut disampaikan Bupati Giri Prasta, dengan kehadiran gedung KPU dan Bawaslu dalam satu komplek ini diharapkan bisa menjadi role model di tingkat nasional. "Kami sampaikan juga, di lantai 2 ada jembatan yang menghubungkan gedung KPU dan Bawaslu Badung ini, kami namakan jembatan cinta karena kami cinta dengan KPU dan Bawaslu. Sebab tanpa penyelenggaraan pemilu yang baik, tidak akan pernah ada Giri Prasta menjadi bupati seperti yang yang berdiri hari ini. Atas nama pribadi, pemerintah, dan masyarakat Kabupaten Badung, kami sampaikan terimakasih kepada KPU dan Bawaslu," kata Bupati Giri Prasta.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengucapkan terimakasih kepada Bupati Badung dan jajaran karena telah memfasilitasi KPU Badung berupa gedung kantor yang luar biasa. Untuk itu dirinya berharap anggota KPU Badung bisa memberikan kompensasi kerja yang juga luar biasa. "Jangan hanya gedung saja yang luar biasa tapi pelayanannya biasa saja, ini harus menjadi pemacu, pemicu penyemangat karena KPU lembaga layanan terutama melayani pemilih menggunakan hak pilih dan melayani peserta Pemilu agar bisa ikut berkompetisi secara baik.sehingga tupoksinya dapat dilaksanakan secara optimal dan maksimal," tegasnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bupati Giri Prasta beserta jajaran atas kehadiran Gedung Graha Pemilu Alaya Giri Nata. Dirinya menyebut Bupati Giri Prasta telah melakukan apa yang diamanatkan oleh Bung Karno pada tahun 1947 kepada pemerintah daerah di Bangka Belitung. "Pesannya adalah agar suatu hari nanti diselenggarakan sebuah proses pemungutan suara yang diselenggarakan, dipimpin dan diawasi oleh penyelenggara independen dan mandiri. Alhamdulilah Bapak Bupati Badung telah berhasil dalam fisiknya dalam wujud Gedung Graha Pemilu. Inilah contoh keberhasilan demokrasi Indonesia dan itu dipancarkan dari Kabupaten Badung," ucapnya

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya juga sangat mengapresiasi Pemkab Badung yang telah memfasilitasi kantor untuk KPU dan Bawaslu Kabupaten Badung. Pihaknya berharap, dengan adanya kantor yang nyaman dan representatif, menjadi semangat bagi para penyelenggara pemilu dalam mewujudkan pemilu yang berjalan kondusif di wilayah Gumi Keris. "Setahu saya, ini yang pertama gedung KPU dan Bawaslu ada dalam satu kompleks. Saya berharap dengan fasilitas yang diberikan Pemkab Badung dapat bekerja dengan nyaman, profesional, dan bermartabat. Semoga ini juga dapat menjadi pemantik bagi kabupaten kota lainnya untuk optimal mendukung penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Badung," pesannya. 7 ind

Komentar