nusabali

ST Lila Sentana Peguyangan Kangin Siapkan Ogoh-ogoh Bongkar Pasang

  • www.nusabali.com-st-lila-sentana-peguyangan-kangin-siapkan-ogoh-ogoh-bongkar-pasang
  • www.nusabali.com-st-lila-sentana-peguyangan-kangin-siapkan-ogoh-ogoh-bongkar-pasang
  • www.nusabali.com-st-lila-sentana-peguyangan-kangin-siapkan-ogoh-ogoh-bongkar-pasang

DENPASAR, NusaBali.com - Sekaa Teruna (ST) Lila Sentana Banjar Kayangan, Peguyangan Kangin, Denpasar Utara, mulai menggarap ogoh-ogoh untuk menyambut Tahun Baru Caka 1946. Ogoh-ogoh tersebut akan menonjolkan tiga karakter dan menggunakan sistem bongkar pasang.

"Kami sudah mulai menggarap ogoh-ogoh sejak bulan Desember lalu. Saat ini penggarapan baru memasuki 15 persen," kata I Komang Adhi Trisna Saputra selaku anggota ST sekaligus koordinator di bidang kesenian, Jumat (29/12/2023).

Adhi mengatakan, ogoh-ogoh yang mereka buat akan berukuran kurang lebih 3,5 meter. Untuk bahan-bahannya, mereka menggunakan bambu sisit atau bedeg, dan rotan.

"Kami menggunakan bambu sisit karena kebetulan di wilayah lingkungan kami banyak yang menjual bedeg. Untuk hal itu kami ingin mensupport usaha warga lokalan," ujar Adhi.

Pengerjaan ogoh-ogoh di Balai Banjar Kayangan yang beralamat di Jalan Cekomaria  No.15 ini dilakukan oleh anggota ST secara swadaya, mulai dari pukul 17.00 hingga tengah malam. Mereka berharap ogoh-ogoh buatannya bisa berpartisipasi dalam perlombaan di kota Denpasar.

Terkait memasuki tahun politik, Adhi mengatakan bahwa ST Lila Sentana tetap menjunjung tinggi kegiatan positif seperti membuat ogoh-ogoh. Mereka akan selalu mengikuti aturan-aturan dan tidak akan memihak satu hal.

"Kami berharap semua dapat berjalan lancar dan damai. Selain itu, adanya isu pandemi covid yang bermunculan semoga semua dalam keadaan sehat dan aman dari virus," kata Adhi.*m03

Komentar