nusabali

ST Satya Dharma Yowana Siapkan Ogoh-Ogoh Raksasa dan 6 Karakter Manusia

  • www.nusabali.com-st-satya-dharma-yowana-siapkan-ogoh-ogoh-raksasa-dan-6-karakter-manusia

DENPASAR, NusaBali.com - ST Satya Dharma Yowana, Banjar Pagan Kelod, Desa Sumerta Kauh, Denpasar Timur, tengah bersemangat menyambut tahun baru Caka 1946 dengan pembuatan ogoh-ogoh.

I Kadek Satrya Anggara Putra alias Lecuk, anggota ST Banjar Pagan Kelod yang sejak 2009 sudah terjun menjadi undagi ogoh-ogoh, mengatakan bahwa pengerjaan ogoh-ogoh ini dimulai sejak 1 Desember 2023. Saat ini, baru memasuki tahap 15 persen pengerjaan.

"Rencana kami akan ikut berpartisipasi dalam mengikuti lomba di Kota Denpasar. Ogoh-ogoh kami ada 7 karakter, 6 tokoh manusia dan 1 tokoh raksasa. Tinggi ogoh-ogoh 4 meter menyesuaikan dengan kriteria dan ketentuan dalam lomba," kata Lecuk, Kamis (28/12/2023).

Lecuk menjelaskan, bahan yang digunakan untuk membuat ogoh-ogoh ini adalah rotan, bambu sisit, dan bahan-bahan pada umumnya. Mereka belum sempat menggunakan bahan guungan siap karena belum ada pengalaman dan belum mengetahui teknik pembuatannya.

"Budget yang kami anggarkan untuk pembuatan ogoh-ogoh ini adalah Rp 20 juta. Saat ini baru mengeluarkan Rp 3,5 juta," ujarnya.

Pada tahap awal, proses pengerjaan ogoh-ogoh ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pengulatan dan tahap pengelasan. Saat ini, mereka baru fokus pada tahap pengulatan.

"Tahap pengulatan ini kami lakukan pada hari libur Sabtu-Minggu dari siang hingga malam. Sedangkan pada hari biasa, kami mengerjakannya dari pukul 20.00 hingga tengah malam," kata Lecuk.

Lecuk berharap, ogoh-ogoh yang mereka garap kali ini dapat meraih juara dalam lomba ogoh-ogoh di kota Denpasar.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan ogoh-ogoh ini tepat waktu dan dengan kualitas yang terbaik," pungkasnya. *m03

Komentar