nusabali

Beraban Festival 2024 Wadahi Seni dan Kreativitas Generasi Muda

Gelar Lomba Ogoh-Ogoh Mini hingga Kontes Motor

  • www.nusabali.com-beraban-festival-2024-wadahi-seni-dan-kreativitas-generasi-muda

DENPASAR, NusaBali.com - Banjar Beraban, Desa Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, telah sukses menggelar Beraban Festival 2024 (Branfest) pada 12-14 April 2024.

Festival yang dibuka oleh Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara ini sekaligus memperingati HUT Ke-60 Sekaa Teruna Dharma Putra (STDP), dimeriahkan dengan berbagai lomba, pertunjukan seni, dan bintang tamu Bagus Wirata.

Yoga Diputra alias Yoga Botul, Ketua Panitia Branfest 2024, menjelaskan bahwa tema tahun ini adalah ‘Saguna Prawerthi’, yang berarti ‘Dimana budaya tradisi Bali dengan mengutamakan rasa lascarya atau tulus Ikhlas.’

Tujuan utama festival ini adalah untuk membangkitkan semangat pemuda-pemudi untuk terus berkarya, melestarikan kesenian dan budaya Bali, serta memadupadankannya dengan bentuk keahlian dan pengetahuan.

Sebelum adanya Beraban Festival, Banjar Beraban terkenal dengan lomba ogoh-ogoh mini sejak 2014. "Dengan adanya festival ini, kami ingin memberikan wadah berkreativitas dalam bidang seni dan budaya bagi para generasi muda, sehingga digelar berbagai lomba lainnya," ungkap Yoga.

Selain ogoh-ogoh mini, Beraban Festival 2024 menghadirkan berbagai lomba menarik, seperti tenis meja, layang-layang celepuk, gayor mini, baleganjur bebarongan, multitalent, dan kontes motor.

Berkat Beraban Festival yang sudah digelar untuk kedua kalinya ini, Banjar Beraban semakin dikenal oleh masyarakat luas, baik di Bali maupun di luar Bali.

"Dengan adanya kegiatan Beraban Festival ini, Banjar Beraban lebih dikenal oleh banyak masyarakat baik di Bali maupun di luar Bali," ujar Ni Wayan Sumartini (Buk Yan), Kepala Lingkungan.

"Harapan saya kegiatan ini bisa membawa nama baik Banjar Beraban, bisa mempererat hubungan antar ST dan prejuru, bisa selalu kompak dan bersatu," tambahnya.

I Putu Ari Krisnajaya, Ketua STDP, mengatakan bahwa kegiatan Beraban Festival ini merupakan acara tahunan sekaligus HUT ke-60 STDP.

"Adanya Beraban Festival ini lebih membangun semangat untuk pemuda pemudi berkreativitas dan mempererat tali persaudaraan kita di STDP," jelas Ari.

"Harapannya semoga ST Dharma Putra lebih maju dan jaya," tambahnya. Beraban Festival 2024 menjadi bukti nyata komitmen Banjar Beraban dalam melestarikan budaya Bali dan membangun semangat gotong royong antar masyarakat.

Festival ini diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi agenda tahunan yang dinantikan oleh masyarakat luas. *m03

Komentar