nusabali

Carragher: Arsenal Tak Punya Penyerang Kelas Dunia

  • www.nusabali.com-carragher-arsenal-tak-punya-penyerang-kelas-dunia

LONDON, NusaBali - Digadang-gadang sebagai salah satu calon juara Premier League, Arsenal justru belakangan tersendat. Salah satu pundit, Jamie Carragher, mempertanyakan lini serang Arsenal.

Arsenal gagal menang dalam tiga pertandingan terakhir di Premier League. Usai imbang melawan Liverpool, The Gunners berturut-turut dikalahkan West Ham United dan Fulham. Akibatnya, Arsenal melorot ke peringkat empat klasemen Liga Inggris dengan 40 poin dan tertinggal lima angka dari Liverpool. Padahal Arsenal sempat ada di puncak saat Natal.

Salah satu masalah Arsenal adalah mencetak gol dari open play. Dalam 20 pertandingan di Premier League, Arsenal cuma bikin 20 gol dari open play.

Catatan tersebut menempatkan Arsenal di peringkat ke-13 di daftar tim dengan gol open play terbanyak di Premier League musim ini. Arsenal bahkan ada di bawah Bournemouth, Fulham, Nottingham Forest, dan Wolverhampton Wanderers.

Catatan statistik lain juga menunjukkan kinerja buruk lini serang Arsenal. Di antara Gabriel Martinelli, Martin Odegaard, Bukayo Saka, dan Gabriel Jesus, tidak ada yang persentase konversi tembakan menjadi golnya mencapai 20 persen.

Menurut Carragher, itulah yang akan mengganjal langkah Arsenal menuju tangga juara Premier League. "Mereka semua menjalani musim yang bagus, tapi standar untuk konversi tembakan (menjadi gol) adalah di atas 20. Itulah yang didapat Mo Salah, Erling Haaland, Harry Kane," ujar Carragher seperti dilansir Sky Sports.

"Di antara empat penyerang Arsenal, tidak ada yang mencapai di atas angka tersebut musim lalu. Dan mereka masih menciptakan jumlah tembakan yang sama dalam satu pertandingan dan masih punya xG yang sama, jadi performa pemain-pemain ini menurun jika dibandingkan musim lalu, ketika saat itu masih tidak cukup bagus untuk jadi juara."

"Keempat penyerang Arsenal adalah pemain top tapi tidak ada yang kelas dunia. Saya kira Saka bisa jadi pemain kelas dunia, tapi di liga ini, Liverpool juara karena mereka punya Mo Salah. City dulu juara karena punya (Sergio) Aguero dan sekarang punya Haaland," lanjutnya.

"Apakah itu cukup buat Arsenal untuk juara liga? Adakah di antara mereka yang sekarang berkelas dunia untuk membawa Arsenal juara? Saya akan bilang tidak ada," kata Carragher. 7

Komentar