nusabali

KONI Badung Minta Cabor TC Mandiri

  • www.nusabali.com-koni-badung-minta-cabor-tc-mandiri

MANGUPURA, NusaBali - Masih banyaknya atlet lolos Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara belum memenuhi syarat fisik, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Badung mendorong cabang olahraga (Cabor) melakukan pemusatan latihan mandiri terhadap atlet yang lolos PON.

Ketua KONI Badung, Made Nariana tidak memungkiri, dari data KONI Bali jika dari 563 Atlet yang lolos PON Aceh dan Sumatera Utara, baru 21 persen yang memenuhi syarat fisik. Sebanyak 79 persen masih di bawah standar. Maka, perlu pelatihan dilakukan mandiri dulu, sebelum atlet PON masuk TC sentralisasi. 

"Saya meminta kepada cabor yang atletnya lolos PON untuk melakukan pemusatan latihan sendiri dulu. Karena dari data, banyak yang masih di bawah standar syarat fisik," kata Nariana, Senin (1/1)

Selain itu, kata Nariana, dari 79 persen atlet yang di bawah standar perlu pembinaan berkala. Nariana menekankan atlet PON harus memenuhi syarat fisik, teknis, mentalitas dan faltor lingkungan. 

"Kami harapkan atlet asal Badung dapat memenuhi syarat itu, sehingga ke PON dalam keadaan prima dan mencapai prestasi yang terbaik, demi Bali," kata Nariana.

Nariana juga menjelaskan, karena dana pembinaan cabor biasanya baru  turun April atau Mei, maka pelatihan dapat dilakukan dengan swadaya dulu. Nanti dapat diganti jika dana mulai turun. Satu hal yang perlu dipikirkan atlet Badung, mulai siap-siap meningkatkan diri, karena akan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi Bali 2025. 

"Selain PON, tentu ada juga Porprov 2025. Maka, harus benar-benar siap secara mental, fisik dan lainnya," kata Nariana.dar

Komentar