nusabali

Olahraga: Untuk Kesehatan Diri, Untuk Membantu Anak Kanker

  • www.nusabali.com-olahraga-untuk-kesehatan-diri-untuk-membantu-anak-kanker

DENPASAR, NusaBali.com - Apakah kamu tahu, bahwa membantu anak-anak kanker juga dapat dilakukan dengan olahraga?

Dalam usaha meningkatkan kualitas hidup anak-anak yang mengidap kanker, Pita Kuning membuka peluang kerjasama dalam berbagai bentuk. Hingga saat ini, Pita Kuning telah menjalin kerjasama dengan berbagai mitra, yang telah menunjukkan kreativitas dan pendekatan unik masing-masing untuk memberikan dampak sosial dengan membantu anak-anak kanker.

Dari berbagai kerjasama yang telah terlaksana, beberapa di antaranya berfokus pada kegiatan olahraga, mulai dari perhelatan event hingga gerakan-gerakan komunitas olahraga untuk membantu menyebarluaskan isu mengenai kanker anak. Simak cerita dari mitra-mitra Pita Kuning yang berjuang bagi anak-anak kanker melalui aktivitas olahraga berikut ini.

MilesToShare - Berolahraga untuk Anak-Anak Kanker

MilesToShare adalah sebuah gerakan olahraga yang diinisiasi oleh dr Muhammad Kamil untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kanker. Dr. Kamil adalah seorang dokter penyintas kanker jaringan ikat (fibrosarcoma), dan ia sadar bahwa perlawanan seseorang terhadap kanker membutuhkan partisipasi aktif dari banyak kalangan.

Gerakan pertama dari MilesToShare dimulai pada tahun 2018, berupa aksi penggalangan dana dengan berlari full marathon oleh seorang agen MilesToShare penyintas kanker. 

Kegiatan MilesToShare terus berlanjut hingga tahun 2019 dan 2020, dimana agen-agen MilesToShare berlari dan bersepeda untuk membagikan empati dan kepedulian kepada pejuang, penyintas dan pendamping pejuang kanker, bahwa mereka tidak berjuang sendirian.


Baru-baru ini, MilesToShare bekerjasama dengan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia untuk menggalang dana guna membantu anak-anak kanker dampingan Pita Kuning. Bentuk kerjasama yang dilakukan antara lain menggalang donasi secara online dan juga penjualan jersey dari MilesToShare.

Tak sebatas menggalang donasi online, MilesToShare juga mengajak masyarakat untuk peduli dengan anak-anak kanker melalui salah satu agennya; dr. Falla Adinda yang berlari full marathon di Berlin Marathon September 2023 lalu.

Dr Falla juga secara aktif menyebarkan aktivitas ini melalui akun media sosial pribadinya dan berhasil menggalang donasi sebesar Rp 39.548.419,00 per 26 September 2023.


BAYRUN For Charity 2023

Tidak hanya MilesToShare, semangat membantu perjuangan anak-anak kanker juga datang dari PT Bayan Resources yang mengajak Pita Kuning sebagai penerima manfaat dari event lari BAYRUN For Charity 2023, sebuah event lari dari program CSR PT Bayan Resources.

Membawa tema “Miles for Their Smile”, event BAYRUN For Charity 2023 bertujuan mengajak masyarakat ikut serta dalam event ini untuk berlari bagi kesehatan diri masing-masing sekaligus memberikan bantuan bagi anak-anak kanker. Setiap pembelian slot lari akan menjadi nilai donasi yang diberikan ke Pita Kuning untuk kemudian disalurkan menjadi bantuan untuk anak-anak kanker dan keluarganya.

BAYRUN For Charity berlangsung tanggal 26 November 2023 di Plaza Barat GBK Senayan, Jakarta. Dari 3 kategori lari; 5K, 10K, dan 21K/Half Marathon, tercatat sebanyak 3.688 peserta hadir dalam BAYRUN For Charity 2023. BAYRUN For Charity 2023 juga diramaikan dengan konser yang menghadirkan DJ Yasmin, Rossa dan Feel Koplo.

Dari event BAYRUN For Charity, Pita Kuning mendapatkan donasi sebesar Rp 1,4 miliar yang diperoleh dari biaya keterlibatan 3.688 peserta lari yang hadir, aksi-aksi galang dana yang diselenggarakan ketika pra-acara, dan donasi tambahan dari Direktur Utama PT Bayan Resources Tbk, Dato’DR Low Tuck Kwong.


Donasi diberikan secara simbolis oleh Dato’DR Low Tuck Kwong di atas panggung acara dan diterima oleh Indrodjojo Kusumonegoro (Pakde Indro) selaku pengawas serta perwakilan dari Pita Kuning. 

Momen penyerahan diiringi tepuk tangan meriah dari para pelari dan semua yang hadir di sekitar panggung waktu itu. 

Pada kesempatan ini, Pakde Indro juga menjelaskan kepada khalayak mengenai isu kanker pada anak-anak.

Demikian aktivitas-aktivitas olahraga yang diadakan bersama Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia untuk membantu anak-anak kanker dari keluarga pra-sejahtera. Bentuk kolaborasi-kolaborasi tersebut adalah wujud bahwa aksi membantu anak-anak kanker bisa diwujudkan dalam berbagai cara, termasuk mengajak masyarakat terlibat aktif melakukan hal yang juga bermanfaat bagi diri mereka masing-masing.

Pita Kuning membuka kesempatan bekerja sama sebagai mitra untuk aktivitas sosial organisasi, dan informasi detailnya dapat dicek melalui website Pita Kuning di pitakuning.or.id/partnership. Informasi terkait kegiatan Pita Kuning juga dapat dipantau melalui akun media sosial @pita_kuning di Instagram.

Komentar