nusabali

Manchester City di Jalur Perburuan Juara

Chelsea Kalahkan Palace, Pochettino Merasa Puas

  • www.nusabali.com-manchester-city-di-jalur-perburuan-juara

Guardiola pun menyebutkan, kini tim asuhannya kembali di jalur perburuan gelar juara musim ini. Sebab sukses itu memperbaiki catatan City yang hanya menang sekali dalam enam laga Liga Primer Inggris.

LIVERPOOL, NusaBali
Manchester City berhasil comeback dan meraih kemenangan 3-1 atas Everton, dalam lawatan ke Goodison Park, Kamis (28/12) dinihari WITA. Manajer ManCity Pep Guardiola pun menyebutkan, kini tim asuhannya kembali di jalur perburuan gelar juara musim ini.

Ya, Man City meraih tiga poin penting saat tandang ke markas Everton pada laga pekan ke-19 Liga Inggris 2023/2024. Sempat tertinggal lewat gol Jack Harrison pada menit ke-29, City bangkit lewat gol Phil Foden, penalti Julian Alvarez, dan gol Bernardo Silva.

Kemenangan itu membawa City menggeser Tottenham Hotspur di peringkat keempat dengan 37 poin dari 18 laga. City terpaut lima poin di belakang Liverpool dengan jumlah satu sisa laga yang belum dimainkan.

Kemenangan City di markas The Toffees sangat berarti mengingat tim yang baru juara Piala Dunia Antarklub itu memperbaiki catatan yang hanya menang sekali dalam enam laga Liga Inggris. Usai kemenangan itu, Guardiola memuji mentalitas anak asuhnya yang merespons perlawanan alot Everton.

"Sangat, sangat penting. Itu pertandingan yang sangat besar bagi kami, datang dari Arab Saudi. Kami sangat senang bagaimana kami bereaksi dan hal itu membuktikan sekali lagi betapa istimewanya kelompok pemain ini dan mentalitas yang kami miliki," kata Guardiola

Selanjutnya, Guardiola pun menegaskan ingin di puncak klasemen. Meski demikian, dia mewaspadai di setiap pertandingan tim-tim di papan bawah dan papan tengah dapat mengalahkan semua tim. Menurutnya, akan ada banyak kejutan dan terpenting tetap di atas.

Guardiola mengatakan, Piala Dunia Antarklub tak hanya jadi pengalih perhatian, tetapi juga membantu memfokuskan kembali fokus pikiran para pemain. Dia melihat tim tetap bergairah.

Satu-satunya catatan minor dalam pertandingan ini adalah masalah pergelangan kaki John Stones, yang meninggalkan stadion lebih cepat dan digantikan Josko Gvardiol pada menit ke-43. Haaland juga absen dalam enam laga karena cedera, dan De Bruyne tidak bermain sejak Agustus karena cedera hamstring.

"Saya ingin mereka bermain di laga berikutnya atau Huddersfield di Piala FA, tetapi yang penting menjaganya tetap fit untuk waktu yang lama, bukan untuk satu atau dua pertandingan saja," kata Guardiola.

Di tempat lain, pemain Chelsea Noni Madueke mencetak gol penentu kemenangan dari titik penalti saat The Blues menang 2-1 atas Crystal Palace. Sedangkan Wolverhampton Wanderers melibas Brentford 4-1. Manajer Chelsea Mauricio Pochettino mengaku puas dengan performa yang diperlihatkan Chelsea, meski cukup banyak peluang The Blues terbuang sia-sia.

"Kami menciptakan banyak peluang. Saya benar-benar puas dengan performa tim hari ini," ujar Pochettino.

Kemenangan atas Palace membuat The Blues kini di posisi ke-10 klasemen, dengan 25 poin dari 19 laga. Namun melihat perolehan poin, jelas Chelsea belum memuaskan. Apalagi dalam lima laga terakhir The Blues hanya meraih dua kemenangan dan tiga laga tandang berakhir kekalahan.

“Itulah tantangan yang harus kami hadapi, konsistensi performa adalah jadi hal yang sangat penting. Premier League sangat berat, dan kami perlu jadi tim yang konsisten,"kata Pochettino.*

Komentar