nusabali

Indra Sjafri Berlakukan Promosi-Degradasi Pemain

  • www.nusabali.com-indra-sjafri-berlakukan-promosi-degradasi-pemain

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia U-20 menggelar latihan perdana dalam pemusatan latihan (TC) persiapan menembus Piala Dunia U-20 2025 Chile, di Lapangan Aspire Academy 2, Doha, Qatar, Minggu (24/12) dinihari Wita. Latihan dipimpin pelatih Indra Sjafri, dengan diikuti 26 pemain selama 1,5 jam.

Indra Sjafri pun siap memberlakukan sistem promosi degradasi kepada pemain untuk mendapatkan kerangka tim yang bagus. Indra berharap mendapatkan informasi yang tepat dan terukur terkait para pemainnya.

"Nanti selama satu minggu ke depan kami akan fokus mengambil profil dari para pemain. Kami melakukan beberapa item test dengan pemain di Qatar ini," tutur Indra Sjafri, pelatih yang mempersembahkan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja itu.

TC ini pembentukan tim pertama yang dibentuk Indra untuk mengikuti sejumlah turnamen di tahun 2024 ,yakni Piala AFF U-19 2024, kualifikasi Piala Asia U-20 2025, hingga target besar bermain di Piala Dunia U-20 2025.

Karena itu, Indra mengatakan, untuk mendapatkan kerangka tim terbaik, dia menerapkan sistem degradasi dan promosi pemain. M materi pemain dalam TC tahap awal ini bersumber dari para pemain Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Asprov.

“Kita berharap kepada pemain menggunakan kesempatan ini dengan baik selama di Qatar. Kita tentu evaluasi serta akan ada sistem promosi dan degradasi untuk pemain," jelas mantan pelatih Bali United itu.

Lebih jauh Indra mengatakan, akan memanggil pemain baru yang sudah diinventarisasi. Bahkan Indra juga akan memberikan kesempatan kepada pemain diaspora atau di luar negeri secara bertahap. 

Sementara itu, salah satu pemain Hugo Samir mengatakan dirinya menikmati latihan perdana bersama timnas U-20 di Doha, Qatar. Hugo mengaku senang berlatih bersama teman-teman, dan beberapa juga ada yang baru dikenal. 

“Latihan ini juga baik untuk saya mengembalikan kondisi kebugaran tubuh," kata Hugo Samir.

Pesepak bolayang terakhir membela Timnas U-24 di ajang Asian Games 2022 itu mengatakan targetnya di TC ini terus menjadi bagian tim untuk membantu Merah Putih meraih prestasi sampai menembus Piala Dunia 2025 di Chile.

“Kita ngin lolos lolos Piala Dunia (U-20 2025), lolos ke Piala AFC (U-20 2025), dan Piala AFF U-19 ingin juara," kata Hugo Samir. ant

Komentar