nusabali

Chelsea Ikuti Jejak City dan Spurs

Liverpool Krisis, Klopp Manfatkan Joe Gomez

  • www.nusabali.com-chelsea-ikuti-jejak-city-dan-spurs

LONDON, NusaBali - Wolverhampton Wanderers memberikan kado Natal pahit bagi Chelsea, dengan kemenangan 2-1, dalam laga Liga Primer Inggris di Stadion Molineux, Wolverhampton, yang berakhi Senin (25/12) dinihari WITA.  Wolves unggul 2-0 lebih dulu lewat Mario Lemina menit 51 dan Matt Doherty menit 90+2 dan Chelsea menipiskan lewat gol Christopher Nkunku menit 90+5.

Kalah di kandang Wolves, Chelsea tak harus ‘meratapi’, karena tim juara bertahan Manchester City dan tim tangguh Tottenham ‘Spurs’ Hotspur juga mengalami nasib yang sama. Namun kekalahan Chelsea di Molineux Stadium tak terlalu mengejutkan. Sebab, selain performa Chelsea masih labil, Wolves musim ini terbilang cukup kuat di kandang.

Sebelum Chelsea, Manchester City dan Burnley juga kalah saat main tandang melawan Wolves. Wolves baru meraih enam kemenangan di Premier League musim ini (M6 S4 K8). Dari enam kemenangan itu, empat diantaranya diraih di kandang sendiri.

Empat kemenangan kandang Wolves itu adalah 2-1 atas Manchester City dan Tottenham, 1-0 atas Burnley, dan 2-1 atas Chelsea. Sisanya tiga kali imbang lawan Aston Villa (1-1), Newcastle (2-2), dan Nottingham Forest (1-1), serta dua kali kalah lawan Brighton (1-4) dan Liverpool (1-3).

Meski dalam dua laga kandang pertamanya di EPL musim ini, Wolves kalah dari Brighton dan Liverpool. Namun, Wolves tak terkalahkan dalam tujuh laga kandang berikutnya. Wolves konsisten meraih hasil positif di kandang mereka. Tak terlalu mengejutkan jika Chelsea tersungkur di sana.

Sedang bagi Chelsea itu kekalahan keempat dalam enam laga, untuk membuat klub London Barat itu tertahan di posisi ke-10 di klasemen sementara dengan 22 poin. Sedangkan Wolves naik ke posisi ke-11 dengan 22 poin. 

Sementara jelang laga di kandang Burnley, pelatih Liverpool FC Jurgen Klopp mengaku sangat kesulitan menyusun formasi terbaiknya setelah timnya kehilangan dua bek kiri dalam waktu bersamaan. Kejadia itu menyusul Kostas Tsimikas yang cedera patah tulang selangka dan Luis Diaz yang cedera lutut saat laga imbang 1-1 melawan Arsenal, di Anfield, Minggu malam.

Tsimikas jadi bek kiri kedua yang menepi karena cedera setelah Liverpool kehilangan Andrew Robertson yang cedera bahu sejak medio Oktober saat memperkuat Skotlandia dalam kualifikasi Euro 2024 Jerman.

Dengan Tsimikas dan Robertson cedera, kini The Reds tak punya opsi bek kiri murni tersisa. Klopp mengatakan mengatasi krisis bek kiri, dirinya akan mencoba memainkan Joe Gomez, pemain yang dapat memainkan semua posisi bek, sebagai bek kiri.

Selain Gomez yang dapat memainkan posisi tersebut, Klopp juga dapat memainkan dua bek kiri akademinya, Calum Scanlon dan Luke Chambers. *

Komentar