nusabali

Disnaker Gianyar Boyong 4 Penghargaan Kemenaker

  • www.nusabali.com-disnaker-gianyar-boyong-4-penghargaan-kemenaker
  • www.nusabali.com-disnaker-gianyar-boyong-4-penghargaan-kemenaker

GIANYAR, NusaBali- Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani menerima 4 penghargaan nasional dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI di Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (22/12) malam.

Penghargaan yang diraih yakni peringkat terbaik sebagai pelaksana program kawasan. Terbaik dalam komitmen pemerintah daerah sebagai daerah tetap penerima kegiatan kawasan. Tenaga Kerja Mandiri (TKM) terbaik sebagai penerima kegiatan kawasan yaitu TKM Putra Samudra Desa Lebih dalam pengolahan hasil laut. 

Bersamaan dengan penyerahan penghargaan juga dilaksanakan business matching pertemuan antara kelompok TKM dengan investor dan buyer. TKM Kembang Sari Kain Tropis Kabupaten Gianyar mendapatkan predikat TKM Kawasan Terbaik dengan predikat peraih mitra terbanyak.  Kadisnaker Gianyar Ida Ayu Ketut Surya Adnyani mengatakan, program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan dilaksanakan di Kabupaten Gianyar sejak tahun 2021. “Kami melaksanakannya dengan baik sesuai acuan yang ada serta rutin memantau kegiatan yang dilaksanakan,” ujar Dayu Surya. 

Dayu Surya memaparkan, program tersebut direalisasikan dengan membentuk kelompok-kelompok kerja di wilayah. Gianyar membuat 10 kelompok TKM. “Kami awalnya membentuk 10 kelompok. Di Desa Lebih ada 5 kelompok nelayan, Desa Bakbakan 2 kelompok, dan Desa Sidan 3 kelompok,” jelas Dayu Surya, Minggu (25/12). Seiring perjalanan waktu, perkembangan TKM di Gianyar sangat luar biasa. Ekosistem ketenagakerjaan terbangun dengan baik. “Dari perkembangan tersebut Gianyar dinobatkan sebagai penyelenggara kegiatan terbaik di Indonesia,” lanjut Dayu Surya.

Dayu Surya juga berkomitmen akan selalu meningkatkan kinerjanya bersama jajaran guna mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan atau memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat. Memberikan pelatihan dan pendampingan kepada calon tenaga kerja Indonesia agar dapat berangkat dengan legal. Disnaker Gianyar juga selalu memberikan pelatihan keterampilan melalui Balai Latihan Kerja dengan harapan peserta pelatihan siap bersaing pada dunia kerja ataupun mampu membuka lapangan kerja sendiri. 

Sebelumnya pada bulan Mei 2023, Gianyar meraih peringkat 1 nasional dalam perluasan kesempatan kerja. “Banyak penghargaan sebenarnya yang sudah kami raih bersama. Program ini dapat berjalan baik selain karena didukung oleh komitmen kami di Disnaker juga berkat kerja sama desa maupun masyarakat penerima manfaat yang selalu bersemangat,” ujar Dayu Surya. 7 nvi

Komentar