nusabali

Dukung Jamsostek, Gianyar Kandidat Penerima Paritrana Award

  • www.nusabali.com-dukung-jamsostek-gianyar-kandidat-penerima-paritrana-award

GIANYAR, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Gianyar menjadi salah satu kandidat penerima Paritrana Award. Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang mendukung penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Sebagai kandidat, Penjabat Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa didampingi Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani mengikuti wawancara di Four Star by Trans Hotel, Senin (19/2).

Paritrana Award merupakan ajang penghargaan yang diberikan tidak saja kepada pemerintah provinsi/kabupaten/kota, tetapi juga pelaku usaha meliputi perusahaan skala besar, menengah, usaha sektor layanan publik, dan usaha mikro. Dewa Tagel memaparkan visi Kabupaten Gianyar yaitu terwujudnya masyarakat Gianyar yang bahagia, sejahtera, aman, dan damai, mandiri, berintegritas, berlandaskan Tri Hita Karana melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana. Salah satu misinya meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan publik.

“Khusus dalam penyelesaian permasalahan tenaga kerja, Disnaker berkomitmen mewujudkan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan nasional dan daerah. Memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dalam mewujudkan kesejahteraan,” ujar Dewa Tagel. Untuk mewujudkannya, Pemkab Gianyar telah menerbitkan berbagai regulasi pendukung jaminan sosial ketenagakerjaan. Ada 14 Keputusan Bupati atau Peraturan Bupati ataupun kerja sama yang diterbitkan guna mendukung jaminan sosial. 

Tenaga kerja aktif yang dilindungi program BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan 31 Desember 2023 sebanyak 127.909 orang. Jumlah tersebut dibagi dalam beberapa sektor terdiri dari 71.684 pekerja penerima upah (badan usaha), 6.595 non ASN (THL/honorer), 4.864 Tenaga Kerja Jasa Konstruksi, dan 44.766 Pekerja Informal. Kabupaten Gianyar juga berhasil menjalankan Program 1 Desa 100 Pekerja Rentan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2021 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

“Tahun 2023, Kabupaten Gianyar melindungi sebanyak 6.400 Tenaga Kerja Rentan selama 6 bulan di seluruh desa dan berkomitmen melanjutkan perlindungan kepada 12.800 tenaga kerja di Tahun 2024,” ungkap Dewa Tagel. Pemkab Gianyar bersama BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan manfaat jaminan kematian kepada pekerja rentan yang ada di Desa Lebih dan Desa Pejeng Kelod. “Peserta tersebut terdaftar melalui program perlindungan 1 desa 100 pekerja rentan selama 6 bulan dan menerima manfaat saat baru menjadi peserta selama 3 bulan,” jelas Dewa Tagel.

Kabupaten Gianyar juga melindungi para pengemudi Angkutan Siswa Aman sebanyak 245 orang sopir dan berkomitmen melindungi petugas parkir yang bertugas di Kabupaten Gianyar. Pemkab Gianyar juga memberikan perlindungan bagi 401 atlet yang mewakili Kabupaten Gianyar dalam event Porsenijar ataupun saat Porprov, 340 seniman, dan 350 sulinggih di Kabupaten Gianyar. “Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar berkomitmen selalu melindungi semua peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan tenaga kerja. Baik melalui BLK milik pemerintah, maupun BLK milik swasta,” tegas Dewa Tagel. Kabupaten Gianyar juga berpartisipasi dalam perayaan Hari Buruh Internasional dengan memberikan simbolis santunan kepada warga masyarakat. 7 nvi

Komentar