nusabali

Festival Pantai Pandawa Bertabur Aktraksi Seni dan Budaya Bali

Bertabur aktraksi Seni dan Budaya Bali Hingga Tahun Baru 2024

  • www.nusabali.com-festival-pantai-pandawa-bertabur-aktraksi-seni-dan-budaya-bali
  • www.nusabali.com-festival-pantai-pandawa-bertabur-aktraksi-seni-dan-budaya-bali

MANGUPURA, NusaBali - Festival Pantai Pandawa tahun ini menetapkan target ambisius dengan menyasar sembilan ribu kunjungan per hari. Kegiatan yang berlangsung dari Senin (25/12) kemarin hingga 1 Januari 20224 di areal parkir Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, ini menyiapkan rangkaian acara bertabur atraksi seni dan budaya Bali untuk memikat pengunjung dari berbagai kalangan.

Ketua Panitia Festival Pantai Pandawa Ni Luh Hepi Wiradani, mengatakan festival yang memasuki tahun ke-12 ini mengusung tema ‘Pesona Pandawa’. Kegiatan ini juga sekaligus dirangkai dengan perayaan HUT ke-9 BUMDA Kutuh. Diharapkan gelaran tersebut menjadi ajang unggulan untuk memperkenalkan kekayaan seni dan budaya Bali kepada masyarakat lokal dan wisatawan.

“Kami ingin memberikan pengalaman yang tak terlupakan kepada pengunjung melalui berbagai atraksi seni dan budaya Bali yang akan dipertontonkan selama festival,” ujar Hepi saat dijumpai di Pantai Pandawa pada Senin (25/12) sore.

Dijelaskannya, Pantai Pandawa yang dikenal dengan keindahan alamnya, akan menjadi panggung bagi para seniman lokal, sekolah, dan perguruan tinggi di sekitar Desa Kutuh. Festival ini tidak hanya menawarkan keelokan Pantai Pandawa tetapi juga menghadirkan keanekaragaman seni dan budaya Bali.

Terlebih, tiket masuk yang terjangkau yakni sebesar Rp 20.000, memungkinkan lebih banyak orang menikmati pesona festival ini. Jam operasional yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga 19.00 Wita akan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengeksplorasi keindahan Pantai Pandawa dan menikmati berbagai pertunjukan yang disajikan.

“Kami juga menjalin kerja sama dengan stakeholder dan perguruan tinggi, menambah dimensi kolaboratif dalam penyelenggaraan festival ini. Artis seperti Bagus Wirata, Bondres STI Bali, DJ, dan pesta kembang api, dijadwalkan menjadi penutup yang spektakuler untuk malam terakhir festival,” lanjut dia.

Dengan target kunjungan harian sebanyak 8-9 ribu orang, Hepi berharap target kunjungan selama festival itu bisa mencapai 75 ribu orang selama delapan hari. Saat ini, lanjutnya, mayoritas pengunjung di Pantai Pandawa berasal dari wisatawan domestik yang mencapai 85 persen, sementara sisanya adalah wisatawan asing.

“Festival ini bukan hanya sebagai ajang hiburan semata, tetapi juga sebagai sarana promosi untuk menunjukkan bahwa Pantai Pandawa terus berbenah demi meningkatkan kenyamanan pengunjung. Dengan demikian, diharapkan para pengunjung akan tertarik untuk kembali menikmati pesona Pantai Pandawa di masa mendatang dan kunjungan wisatawan asing bisa lebih meningkat,” harapnya.

Sementara Bendesa Adat Kutuh Jro Mangku Nyoman Mesir mengaku kini Festival Pantai Pandawa mengalami peningkatan keceriaan dalam pelaksanaannya. Dengan semangat tinggi, harapan besar diletakkan pada peningkatan jumlah pengunjung di Pantai Pandawa, khususnya dari wisatawan internasional di masa mendatang.

“Pelaksanaan tahun ini lebih meriah, diharapkan dapat menarik minat lebih banyak pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Kami yakin, dampak positif dari festival ini akan membuat pengunjung membludak, terutama di bulan Desember, mengingat festival ini menjadi salah satu kegiatan tahunan yang dinantikan oleh banyak orang,” ujarnya. 7 ol3

Komentar