nusabali

Kapolda Bali Lantik 484 Bintara

  • www.nusabali.com-kapolda-bali-lantik-484-bintara

DENPASAR, NusaBali - Setelah mengikuti pendidikan selama lima bulan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Singaraja, 484 Bintara dilantik Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra, pada Kamis (21/12) siang.

Upacara pelantikan ratusan Bintara yang digelar di Lapangan Bhakti SPN Polda Bali, Singaraja itu merupakan penutupan program Pendidikan Pembentukan (Diketuk) Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2023.

Upacara penutupan ini digelar serentak di seluruh SPN di Indonesia. Selain pada SPN seluruh Polda di Indonesia, penutupan Diktuk ini juga dilaksanakan pada Pusat Pendidikan (Pusdik) Pembentukan Brimob Polri, Pusdik Polairud, dan Sepolwan Lemdiklat Polri.

Dengan demikian Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat bintara dan tamtama sebanyak 15.419 orang. Jumlah ini terdiri dari 14.771 polisi laki-laki (Polki) dan 648 polisi Wanita (Polwan). Jumlah tersebut terbagi ke dalam 13.226 Bintara polisi tugas umum, 500 Bintara Brimob, 100 Bintara Polair, 1.497 Tamtama Brimob dan 96 Tamtama Polair.

"Selamat kepada para Bintara remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 bulan di SPN Polda Bali dengan baik. Mulai hari ini saudara-saudara sekalian telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara negara. Setiap sikap, tutur kata dan perilaku akan menjadi tauladan bagi masyarakat,” tutur Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol I Gusti Kade Budhi Harryarsana dan para pejabat utama Polda Bali lainnya.

Sementara Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Pol Purwadi Arianto dalam amanatnya menyampaikan beberapa penekanan dan haroaak untuk seluruh pada Bintara muda ini, yakni beriman dan takwa kepada Tuhan sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas. Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara.

Selain itu pahami dengan baik dan laksanakan tugas yang diemban dengan sungguh-sungguh, penuh keikhlasan dan tanggung jawab. Terus bekali kemampuan dengan belajar, dan terus belajar. Menjaga nama baik dan kehormatan diri keluarga, dan institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran kode etik profesi Polri, maupun pelanggaran pidana.

"Selain itu bangun komunikasi positif dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan-rekan TNI, pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas Kamtibmas yang kondusif," harap Komjen Purwadi dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Bali. 7 pol

Komentar