nusabali

Manfaat Jus Belimbing bagi Kesehatan

  • www.nusabali.com-manfaat-jus-belimbing-bagi-kesehatan

JAKARTA, NusaBali.com - Manfaat jus belimbing sangat banyak bagi kesehatan tubuh kalau dikonsumsi dengan rutin. Belimbing merupakan salah satu buah tropis yang dijuluki dengan nama star fruit karena bentuknya seperti bintang saat diiris. Buah ini banyak sekali tumbuh di negara Asia Tenggara seperti India dan Indonesia.

Buah belimbing yang sudah matang akan berwarna kuning dan agak oranye. Buah ini punya perpaduan antara asam dan manis. Buah belimbing sebenarnya dapat disantap langsung. Namun buah ini terasa lebih nikmat ketika dijadikan jus karena cocok disantap dalam keadaan dingin. 

Manfaat Jus Belimbing 

Jus belimbing dari distributor buah segar ternyata sangat kaya akan manfaat sehingga banyak orang yang mengonsumsinya. Belimbing punya banyak kandungan nutisi seperti antiinflamasi, antioksidan, anti tumor dan berbagai vitamin serta mineral seperti vitamin C, vitamin B5, protein, folat, kalium, tembaga, magnesium dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan berbagai kandungan nutrisi, tidak mengherankan kalau kitab bisa mendapatkan beberapa manfaat dari jus belimbing yaitu 

* Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama dari jus belimbing yaitu bisa menurunkan berat badan alami. Ini karena dalam buah belimbing ada kandungan kalori yang sangat rendah. Per buahnya hanya mengandung 36 kalori. Apalagi ditambah dengan buah belimbing juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa membuat anda merasaka kenyang lebih lama. Untuk itu, jus belimbing sangat cocok dijadikan menu sarapan pagi. 

* Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Manfaat lainnya dari jus belimbing yaitu bisa meningkatkan imunitas tubuh. Ini karena kandungan vitamin C pada buah belimbing sangatlah tinggi. Setiap satu buah belimbing dari supplier buah import dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sampai 50% lebih. Banyaknya kandungan vitamin C pada jus belimbing ini membuatnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah sakit. Kandungan antioksidannya juga bisa mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Dalam jurnal itu, dijelaskan bahwa banyaknya kandungan nutrisi pada buah belimbing seperti magnesium, antioksidan, potassium dan vitamin C bisa memperkuat sistem imunitas tubuh. 

* Mengontrol Kadar Gula Darah 

Manfaat jus belimbing yaitu bisa membantu anda mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Ini karena dalam jus belimbing ada kandungan serat yang tidak larut dalam air sehingga mampu menghambat penyerapan kadar glukosa. Ini bisa membuat lonjakan kadar gula darah bisa dicegah bahkan bisa diturunkan dengan alami. Anda cukup mengonsumsi satu gelas belimbing setiap harinya untuk membantu mengontrol kadar gula darah. 

* Menjaga Kesehatan Jantung 

Selain bisa membantu untuk mengontrol kadar gula darah, anda juga dapat menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengonsumsi jus belimbing. Buah belimbing mengandung kalium dan sodium yang cukup banyak sehingga dapat berfungsi sebagai elektrolit tubuh yang bisa menjaga tekanan darah pada jantung. Sodium dan kalium juga dapat membantu tubuh untuk menjaga irama detak jantung agar lebih teratur. 

* Menyeimbangkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat jus belimbing yaitu bisa menyeimbangkan tekanan darah, khususnya hipertensi. Kandungan kalsium yang ada dalam buah belimbing bisa meredakan ketegangan yang terjadi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Jika ketegangan pada pembuluh darah bisa dirilekskan maka sirkulasi darah dapat menjadi lebih efektif. 

* Menjaga Sistem Pencernaan 

Jus belimbing juga dapat membantu tubuh menjaga sistem pencernaan. Di dalam buahnya ada kandungan antiulkus yang mengandung terpenoid, flavonoid, mucilage yang bisa memperkuat lapisan dalam lambung dan usus sehingga meminimalisir penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Ditambah dengan adanya kandungan serat di dalamnya juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, khususnya pada area usus. Dengan sistem pencernaan yang dapat terjaga dengan baik, maka penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti diare, kram perut, dan sembelit dapat dicegah. 

* Mempercepat Penyembuhan Luka 

Jus belimbing juga bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membentuk kolagen yang bisa menutup luka dengan lebih cepat. Selain bisa menyembuhkan luka, jus belimbing juga dapat membantu meredakan peradangan yang disebabkan oleh luka luar. 

* Menyehatkan Kulit 

Kulit yang sehat juga bisa didapatkan jika anda rutin mengkonsumsi jus belimbing setiap harinya. Kandungan antioksidan di dalamnya seperti quercetin, asam galat dan flavonoid polifenol bisa membantu tubuh melawan radikal bebas yang menyerang  kulit. Kandungan tersebut juga bisa melawan stress oksidatif serta radikal bebas yang dapat membuat kulit rusak serta menjadi keriput. 

* Meningkatkan Kesehatan Mata 

Dalam jus belimbing dari supplier buah Jakarta, ada kandungan vitamin A, meskipun jumlahnya tidak sebanyak wortel, namun bisa membantu anda untuk meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A pada jus belimbing bisa mencegah anda dari nyctalopia. Nyctalopia adalah penyakit yang membuat penderitanya tidak punya kemampuan untuk melihat cahaya yang redup atau melihat pada malam hari yang minim akan pencahayaan.

Komentar