nusabali

Inilah Peluang Usaha Buah Buahan & Hitungan Modalnya!

  • www.nusabali.com-inilah-peluang-usaha-buah-buahan-hitungan-modalnya

JAKARTA, NusaBali.com - Membuka usaha buah-buahan ternyata menjanjikan keuntungan sepanjang masa untuk anda. Rasa manis dari buah sangat disukai karena rasa manis ternyata memiliki efek psikologis yang kompleks.

Selain itu, rasa manis juga bisa mempengaruhi minat untuk menjalani hubungan dan perilaku yang romantic. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang senang mengkonsumsi buah segar dan produk turunannya. Mengkonsumsi buah segar memiliki banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh. 
 
Buah memiliki cita rasa yang unik, sehat dan menyegarkan. Hal ini menjadikan buah dan produk olahannya sangat memuaskan untuk dikonsumsi oleh semua orang. Hal ini membuat bisnis menjual buah segar tidak pernah sepi peminat. Apalagi beberapa jenis buah terbilang cukup langka sehingga sekali panen, peminatnya bisa lebih tinggi dibandingkan biasanya. Buah-buahan segar harus terhidang di meja makan sebagai salah satu dari 4 sehat 5 sempurna. 

Peluang Usaha Buah Buahan

Pada dasarnya peluang berbisnis buah segar atau menjadi Indonesian fruit importer semakin besar di daerah perkotaan karena permintaan buah segar di kota memang sangat tinggi. Ini karena dipengaruhi oleh gaya hidup serta kondisi geografis. Daerah perkotaan tidak memiliki cukup lahan untuk kebun buah. Padahal sebagian besar masyarakat kota meyakini bahwa gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi buah segar. Tren hidup sehat ini ternyata juga dipengaruhi banyak hal. 

Mulai dari kesadaran akan manfaat buah, keinginan untuk diet, sampai dengan untuk pemulihan dan menjaga kebugaran tubuh. Selara masyarakat perkotaan akan buah sangat beragam. Ada yang menginginkan buah impor, ada juga yang menginginkan buah segar langsung dari petani lokal. Tidak mengherankan jika pasar buah tidak pernah sepi peminat. Ini bisa menjadi peluang bagus untuk berbisnis buah segar. 

Selain menjual buah-buahan segar, anda juga dapat membedakan bisnis dengan menjual produk olaha buah seperti salad, jus buah, es buah, es krim atau rujak buah. 

Resiko Jual Buah-Buahan Segar
 
Setiap bisnis memiliki resiko usaha yang berbeda. Demikian juga dengan usaha buah-buahan segar yang memiliki resiko yang wajib diketahui sejak awal. Berikut ini beberapa resiko menjual buah segar antara lain: 

1. Busuk 

Tantangan terbesar dari menjual buah adalah masa simpan yang terbatas. Setiap jenis buah memiliki masa simpan yang berbeda. Jika terlalu lama disimpan maka buah dagangan anda justru dapat mengalami pembusukan dan tidak bisa dikonsumsi. 

2. Dicek Rutin 

Sekalipun anda membeli buah dari supplier dalam waktu yang sama namun bukan berarti kondisi dan masa simpannya akan sama. Bisa jadi ada buah yang dimakan ulat dan justru akan berpengaruh pada buah-buah yang lainnya. Bisa saja ada buah yang sudah busuk dan aromanya membuat buah yang masih segar menjadi kurang sedap. 

3. Musiman 

Buah adalah produk musiman. Artinya sebagian jenis buah hanya dapat panen pada musim tertentu saja. Sekalipun saat ini teknologi perkebunan sudah bisa membuat produksi buah segar dilakukan sepanjang tahun namun anda harus mempertimbangkan factor musiman ini. 

4. Harga Sering Turun 

Para penjual buah secara umum sering menurunkan harga buahnya atau mengobral buahnya dengan alasan untuk menghindari kerugian. Dibandingkan buah-buahan busuk dan akhirnya anda rugi, anda sebaiknya menjual buah dengan harga yang murah. 

Modal Usaha Buah Buahan


Produk-Produk Olahan Buah 

Selain menjual buah-buahan segar, mengapa anda tidak mencoba menjual produk olahan buah? Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan sebagai distributor buah import. Berikut ini beberapa produk olahan buah yang dapat dicoba: 

1. Salad Buah 

Salad buah adalah makanan sehat yang punya penggemar sendiri. Kelompok pasar salad buah sangat spesifik. Pasarnya biasanya adalah orang-orang dengan pola hidup yang sehat ataupun yang sedang dalam masa diet. Salad buah dapat menjadi pilihan produk olahan buah yang segar dan menyehatkan untuk dijual. Membuat salad buah juga sangat mudah dan tidak membutuhkan bahan-bahan yang sulit untuk didapatkan. 

2. Jus dan Es Buah 

Produk olahan buah segar lainnya adalah jus dan es buah. Kedua produk minuman sehat ini dapat dibuat dengan praktis dan mudah. Untuk bisa membuat jus buah, anda hanya membuatuhkan gula cair, es batu, buah segar, blender, susu kental manis dan topping lainnya. Sedangkan untuk membuat es buah anda membutuhkan bahan tambahan seperti susu, es batu, jelly, rumput laut, agar-agar dan bahan lain seperlunya. 

3. Rujak Buah 

Jika bosan dengan cara mengkonsumsi buah pada umumnya, anda bisa membuat rujak buah untuk dijual. Rujak buah sangat disukai oleh banyak orang karena rasa asam dan pedas yang menyegarkan. Ada beberapa jenis buah yang dapat dijadikan sebagai bahan rujak, sepert papaya, nanas, jambu, mangga muda dan bengkoang. Kemudian, anda bisa menambahkan bumbu rujak dan sedikit garam.  

FAQ 

Berapa untung jual buah?

-Keuntungan berbisnis buah ada di angka 50%-80% bagi setiap buah yang terjual. Potensi tersebut bisa memberikan keuntungan dalam setiap penjualannya. Oleh karena itu, berjualan buah termasuk bisnis yang menguntungkan.

Bagaimana cara menjual buah?

-Tahu sedikit banyaknya tentang buah-buahan, Menjual buah-buahan yang berkualitas, Lokasi berjualan strategis, Tidak perlu menyewa kios, Mencari produsen yang terpercaya, Pastikan buah-buahan bervariasi, Terima pesanan online, Tata letak buah-buahan yang sesuai.

Komentar