nusabali

Panitia Distribusikan 53.979 Kartu Pemilih

  • www.nusabali.com-panitia-distribusikan-53979-kartu-pemilih

Panitia kabupaten pemilihan perbekel (Pilkel) serentak gelombang II Tahun 2017, mulai distribusikan logistik ke masing-masing desa yang menyelenggarakan pilkel. 

Pilkel Serentak

SINGARAJA, NusaBali
Pilkel seretak gelombang II diikuti oleh 11 desa, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 53.979 orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), I Gede Sandhiyasa, Senin (17/7) di ruang kerjanya mengungkapkan, pendistribusian logistik Pilkel sudah dimulai pada tanggal 13 Juli 2017 lalu. Logistik yang sudah didistribusikan berupa kartu pemilih sebanyak 53.979 lembar sesuai dengan jumlah DPT. 

Rencananya, logistik lainnya seperti surat suara akan didistribusikan menjelang pencoblosan yakni mulai tanggal 18 – 23 September 2017 nanti. “Kalau kartu pemilih sudah kita kirim ke masing-masing desa. Ini lebih awal agar panitia di desa menyeleksi lagi, termasuk harus mencocokan dan mengisi nama pemilih, sehingga panitia di desa punya waktu yang cukup,” terangnya.

Masih kata Sandhiyasa, logistik berupa surat suara dipastikan sudah tiba di masing-masing desa paling lambar H-3 coblosan yang telah ditetapkan berlangsung tanggal 27 September 2017. Total logistik surat suara yang dikirim nanti mencapai 53 ribu, dengan tambahan cadangan sebanyak 2,5 persen, sehingga total kebutuhan surat suara sebanyak 55 ribu lembar. Disebutkan, saat ini pengadaan surat suara itu masih sedang dalam proses. “Yang pasti tiga hari sebelum pencoblosan surat suara sudah ada di masing-masing desa yang melaksanakan Pilkel,” ujarnya.

Sandhiyasa menambahkan, terkait desain surat sudah disepakati dan dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati. Intinya, desain ukuran surat suara menyesuaikan jumlah calon perbekel yang ada di masing-masing desa peserta pilkel serentak. “Tidak ada perubahan terkait ukuran dan desain, karena senelumnya sudah disepakati dan rekanan yang kita tunjuk nanti mencetak surat suara mengikuti apa yang sudah dituangkan dalam SK Bupati itu sendiri,” jelasnya. 

Pilkel gelombang II tahun 2017 diikuti oleh 11 desa, dengan jumlah calon sebanyak 40 orang. Tercatat juga jumlah pemilih keseluruhan mencapai 53.979 jiwa. Dari 11 Desa, jumlah calon terbanyak maksimal tercatat 4 desa masing-masing Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng, Desa Musi dan Desa Banyupoh, Kecamatan Gerogak. Sedangkan desa dengan jumlah calon minimal 2 masing-masing Desa Pangkungparuk dan Tukadsumaga, Kecamatan Gerokgak. Sisanya, Desa Sepang Kelod, Kecamatan Busungbiu 3 calon, kemudian Desa Dencarik, Kecamatan Banjar dengan 4 calon, Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar dengan 3 calon, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan 3 calon, dan Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula dengan 3 calon. Sedangkan jumlah pemilih terbanyak ada di Desa Bondalem dengan 11.226 pemilih, dan jumlah pemilih paling sedikit ada di Desa Sepang Kelod sebanyak 2.357 pemilih. *k19

Komentar