nusabali

DWP Jembrana Lombakan Nasi Tumpeng dan Vas Toga

  • www.nusabali.com-dwp-jembrana-lombakan-nasi-tumpeng-dan-vas-toga

NEGARA, NusaBali - Memperingati HUT ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP), DWP Kabupaten Jembrana menggelar lomba membuat nasi tumpeng dan vas toga (vas dengan tanaman obat keluarga) di Gedung Kesenian Dr Ir Soekarno, Jembrana, Jumat (15/12). Total ada 11 grup yang mengikuti lomba ini, di mana masing-masing grup terdiri dari gabungan beberapa DWP unit se-Jembrana.

Dalam acara tersebut, Penasehat DWP Jembrana Gusti Ayu Ketut Candrawati alias Candrawati Tamba menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh DWP Jembrana ini. Dirinya menyampaikan dalam perlombaan selalu ada pihak yang menang maupun kalah. Namun, hal tersebut adalah suatu hal yang wajar. "Kepada para peserta agar tetap semangat. Karena kalah dan menang adalah sesuatu yang biasa," ujarnya.

Menurut Candrawati Tamba, menjadi juara bukanlah poin utama dari perlombaan ini. Melalui kegiatan serangkaian peringatan HUT DWP ini, diharapkan para anggota DWP dapat meningkatkan keterampilan serta meningkatkan kekompakan dalam mendukung program-program Pemkab Jembrana.

Candrawati Tamba pun mengajak seluruh anggota DWP Jembrana untuk ikut berperan dalam mengatasi berbagai masalah yang perlu menjadi perhatian bersama. Seperti masalah kemiskinan, kekerasan terhadap perempuan dan anak, perundungan, pernikahan dini dan balita stunting. 

"Dengan usia yang bertambah, semoga DWP Kabupaten Jembrana menjadi organisasi profesional disertai program-program pengembangan dan peningkatan kualitas anggota DWP yang berkesinambungan. Sehingga menjadikan anggota DWP mampu bersaing secara terbuka dan mampu berkiprah secara aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran, gagasan serta pandangan terhadap pembangunan daerah yang kita cintai," ucap Candrawati Tamba. 

Sementara Ketua DWP Jembrana Ni Wayan Yuniati alias Yuniati Budiasa menyampaikan, melalui kegiatan lomba nasi tumpeng dan vas toga ini dapat mengekspresikan kebebasan wanita dalam berkarya dan berkreasi. Di samping itu, juga diharapkan membangun kerjasama diantara anggota DWP. "Melalui lomba nasi tumpeng dan vas toga ini kita harapkan para anggota DWP semakin kompak, sehingga bisa bersatu untuk memajukan Kabupaten Jembrana," ucapnya.

Yuniati Budiasa menyampaikan,peringatan HUT ke-24 DWP tahun ini mengangkat tema 'Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan'. Menurutnya, tema itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peran strategis yang dimiliki perempuan, khususnya anggota DWP dalam mendukung pembangunan daerah. "Kita optimalkan peran yang dapat dilakukan oleh perempuan untuk menunjang berbagai pilar-pilar pembangunan. Khusunya yang berkaitan dengan pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan lingkungan," ujar istri dari Sekda Jembrana I Made Budiasa ini. 

Terkait hasil lomba serangkaian peringatan HUT ke-24 DWP itu, sudah langsung diumumkan. Untuk lomba nasi tumpeng, Juara I berhasil diraih tim gabungan DWP unit Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora), Dinas Sosial dan Satpol PP. Kemudian Juara II diraih tim gabungan DWP unit Sekretariat Daerah (Setda), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPAPPKB) dan Kecamatan Pekutatan. Sementara Juara III diraih oleh DWP unit Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Kesbangpol, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)

Sedangkan untuk lomba vas toga, Juara I juga diraih tim gabungan DWP unit Dikpora, Dinas Sosial dan Satpol PP. Begitu juga Juara II diraih tim gabungan DWP unit Sekda, PPPAPPKB dan Kecamatan Pekutatan. Sedangkan Juara III lomba vas toga diraih tim gabungan DWP unit Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umun, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP). 7ode

Komentar