nusabali

PSSI Didesak Segera Gunakan Wasit Asing

  • www.nusabali.com-pssi-didesak-segera-gunakan-wasit-asing

SURABAYA, NusaBali - Bek Persis Solo Rian Miziar merasa sangat kecewa dengan kinerja wasit yang memimpin pertandingan melawan Persebaya Surabaya dalam laga tunda pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024. Rian Miziar mengatakan, gol kontroversial Persebaya semakin membuktikan, wasit menjadi masalah besar yang menjangkiti sepakbola Indonesia.

Miziar pun menyinggung kehadiran wasit asing pada dua laga sebelumnya. Salah satunya duel antara Persik Kediri melawan Persib Bandung yang dipimpin Futoshi Nakamura. Menurutnya, kinerja wasit asal Jepang ini sangat memuaskan.

“Sebelumnya, saya sempat melihat pertandingan antara Persik Kediri melawan Persib Bandung yang menggunakan wasit asing, dan impact-nya saya pikir sangat positif,” kata Rian Miziar.

Pemain 33 tahun itu pun mendesak PSSI untuk memaksimalkan penggunaan wasit asing di Liga 1. Sebab, kinerja perangkat pertandingan impor ini dapat menjadi contoh bagi wasit-wasit lokal.

“Saya pikir, satu saran untuk PSSI ialah terus menerus menggunakan wasit asing. Ini bisa menjadi bahan evaluasi wasit lokal, untuk menentukan keputusan yang terbaik,” ujar Rian Miziar, kepada bola.com.

“Ini bukan masalah menguntungkan Persebaya atau Persis. Siapa pun yang bermain ketika pemimpin itu adil, semua pihak bisa menerima. Hal yang benar ya benar, dan yang salah seharusnya salah,” kata Miziar.

Rian sebetulnya tak ingin memandang sebelah mata wasit-wasit lokal. Namun, jika mengacu proses pengambilan keputusan gol kontroversial dalam laga ini, dia menduga adanya miskomunikasi antara asisten wasit dengan wasit utama.

“Untuk PSSI, saya memohon lagi mempertimbangkan penggunaan wasit asing. Karena itu juga bagus untuk pelajaran wasit-wasit lokal, tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada semua wasit lokal,” tutur Miziar. *

Komentar