nusabali

Manchester United Tersingkir, Ten Hag Fokuskan Laga Domestik

14 Tim Pastikan Lolos 16 Besar, Lima Tim Berebut Dua Tiket

  • www.nusabali.com-manchester-united-tersingkir-ten-hag-fokuskan-laga-domestik

MANCHESTER, NusaBali - Manchester United (MU) menerima kenyataan pahit tersingkir dari Liga Champions 2023/2024. Ya, MU kalah 0-1 dari Bayern Munchen pada laga matchday terakhir fase grup di Old Trafford, Rabu (13/12) dini hari WITA.

Manajer MU Erik ten Hag pun  juga menerima kenyataan itu dan menegaskan perlunya timnya belajar untuk segera kembali ke Liga Champions. Ten Hag pun segera mengalihkan fokus ke kompetisi domestik, yakni Liga Inggris, Piala FA, dan Piala Liga.

“Masih banyak hal yang bisa dimainkan. Dan sekarang kami bisa fokus, tentu saja, di Liga Inggris. Kami harus memberikan segala upaya empat besar, jadi tahun depan kami kembali ke Liga Champions dan tentu saja Piala FA (dimulai pada Januari). Jadi, masih banyak hal yang bisa dimainkan,” kata Ten Hag melalui laman resmi klub, Rabu.

Pelatih asal Belanda itu tidak menampik timnya kesulitan menampilkan permainan bagus karena kehilangan pemain terbaikny akibat cedera seperti Mason Mount, Lisandro Martinez, Casemiro, hingga Christian Eriksen.

Dengan tidak lolosnya Setan Merah ke babak 16 besar dan juga ke Liga Europa musim ini, Ten Hag pun berusaha mengambil pelajaran, seperti halnya Rasmus Hojlund yang menemukan ketajamannya dengan lima gol meskipun hingga kini masih nihil gol di Liga Inggris.

Meski tersingkir dari Liga Champions, Ten Hag menegaskan MU akan segera kembali lagi ke kompetisi elite Eropa itu. Ten Hag ingin MU menerima kenyataan tersingkir dari Liga Champions dan belajar untuk bisa kembali dengan performa lebih baik.

Selain membuat MU tersingkir, kekalahan dari Bayern juga membuat Ten Hag harus memutar otak karena pemainnya yang cedera bertambah setelah Harry Maguire dan Luke Shaw meringis kesakitan dan ditarik keluar. Maguire diganti pada menit ke-35 oleh Jonny Evans dan Shaw diganti Aaron Wan-Bissaka pada menit ke-46.

MU menatap laga kontra Bayern Munchen dengan potensi menembus 16 Besar Liga Champions dengan peluang tipis. Namun peluang itu benar-benar tertutup setelah Kingsley Coman menjebol gawang Andre Onana pada menit ke-71.

Pada akhirnya MU kalah 0-1 dari Bayern Munchen dan tersingkir dari Liga Champions dengan menempati dasar klasemen Grup A. Sebuah kondisi yang benar-benar buruk untuk MU.

Soal kegagalan MU di Liga Champions dan kekalahan dari Bayern, Ten Hag mengaku menerima kenyataan tersebut meski melihat timnya tidak layak untuk kalah dalam laga tersebut. Menurutnya, tim sudah tampil bagus, tetapi juga melakukan kesalahan individu dari para pemain.

Legenda MU Rio Ferdinand mengakui Setan Merah memang layak tersingkir dari 16 besar Liga Champions 2023/2024. Bahkan MU juga gagal mengamankan tiket pindah ke Liga Europa. 

“Setidaknya sangat mengecewakan. MU pantas mendapatkannya jika tidak klinis. Jika tidak bisa menyelesaikan pertandingan, mereka tidak layak maju ke babak knockout," kata Ferdinand. 

Dengan berakhirnya fase grup Liga Champions pada Rabu dinihari WITA, sejauh ini sudah ada 14 tim yang lolos ke fase gugur alias babak 16 besar. Sedangkan dua jatah lagi akan diberebutkan lima tim di Grup F dan Grup H. *


14 Tim Lolos 16 Besar:
1. Bayern Munchen (juara Grup A)
2. FC Copenhagen (runner-up Grup A)
3. Arsenal (juara Grup B)
4. PSV Eindhoven (runner-up Grup B)
5. Real Madrid (juara Grup C)
6. Napoli (runner-up Grup C)
7. Real Sociedad (juara Grup D)
8. Inter Milan (runner-up Grup D)
9. Atletico Madrid (Grup E)
10. Lazio (Grup E)
11. Borussia Dortmund (Grup F)
12. Manchester City (Grup G)
13. RB Leipzig (Grup G)
14. Barcelona (Grup H)

Lima Tim Berebut Dua Tiket 16 Besar:
Grup F : Paris Saint Germain, Newcastle United, dan AC Milan 
Grup H : Porto dan Shakhtar Donestk

Komentar