nusabali

Tumbangkan Barcelona, Girona Pimpin LaLiga

  • www.nusabali.com-tumbangkan-barcelona-girona-pimpin-laliga

Selain menjadi kemenangan pertama bagi Girona atas Barcelona, kemenangan ini mengantarkan sebagai penguasa klasemen Liga Spanyol.

BARCELONA, NusaBali
Girona merebut puncak klasemen Liga Spanyol setelah menundukkan tuan rumah Barcelona dengan skor 4-2, Minggu (10/12) waktu setempat, di Estadi Olimpic Lluis Companys, Barcelona.

Tim asuhan pelatih Michel tersebut mengalahkan rival Katalan mereka untuk pertama kalinya dalam sejarah pertemuan kedua tim di Liga Spanyol. 

Girona kini menguasai pucuk klasemen Liga Spanyol dengan 41 poin, unggul dua poin atas tim peringkat kedua Real Madrid, sedangkan Barcelona tertahan di posisi keempat dengan 34 poin.

Gol Barca dicetak oleh Robert Lewandowski (19’) dan Ilkay Gundogan (90+2’). Sementara empat gol tim tamu dicetak Dovbyk (12’), Gutierrez (40’), Fernandez (80’), dan Stuani (90+5’). “Kami tidak bermain dengan baik, Girona memang bermain sangat baik tetapi ini adalah kesalahan kami, kami tidak berada pada level yang seharusnya," kata gelandang Barcelona, Frenkie de Jong.

"Kami tidak bagus dalam penguasaan bola, saya juga tidak, itu merugikan kami dalam permainan. Kami tertinggal tujuh poin (dari puncak klasemen), yang merupakan selisih yang banyak, tetapi masih ada lebih dari setengah musim untuk dijalani,” tambahnya.

Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez menyebut timnya bermain lebih baik dari Girona meskipun mengakhiri laga kandang dengan kekalahan. "Saya pikir kami bermain lebih baik, kami menciptakan banyak peluang. Tanpa bermain buruk, kami meraih hasil buruk,” kata Xavi.

Pada laga itu Barca tampil dominan dengan 53 persen penguasaan bola dan melesatkan 31 tembakan, yang 11 di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Girona, memiliki 47 persen penguasaan bola dengan tujuh tembakan tepat sasaran dari 15 kali percobaan, sebagaimana catatan Sofacore menyebutkan.

Xavi pun menyebut timnya harus bekerja ekstra keras dalam penyelesaian akhir dan pertahanan pada pertandingan berikutnya, yang dinilai menjadi dua faktor kekalahan Barca. "Kami harus bekerja pada pertahanan dan penyelesaian akhir. Kami kalah karena itu. Kami tidak memanfaatkan peluang dan dalam pertahanan kami membayar kesalahan,” ucap Xavi.

Lebih lanjut, pelatih berusia 43 tahun itu tak ragu menyebut Girona sebagai tim terbaik yang pernah datang di kandang Barcelona. Ia juga memuji kualitas pelatih Michel yang mampu menyulap Girona sebagai tim penantang gelar pada musim ini.

“Saya yakin Girona adalah tim terbaik yang pernah datang ke sini. Kemenangan itu merupakan penghargaan bagi Girona, kerja keras Michel dengan para pemainnya sangat spektakuler. Ini adalah pertandingan yang ketat, jika kami menang, kami akan membicarakan hasil yang adil,” tutupnya. 7ant

Komentar