nusabali

Emery Senang Villa Hajar Arsenal

Atasi Palace, Liverpool Ambil Alih Puncak Klasemen

  • www.nusabali.com-emery-senang-villa-hajar-arsenal

Itu pertandingan sulit dan kami lelah, tapi kami memulai laga dengan baik. Kiper kami luar biasa. Kami terus bertahan dan mempertahankan penguasaan bola lebih lama. Kami harus bahagia namun juga menjaga keseimbangan.

BIRMINGHAM, NusaBali
Manajer Aston Villa Unai Emery merasa sangat senang timnya mampu mengalahkan Arsenal yang notabene adalah mantan timnya. Ya, Villa menjamu Arsenal pada pekan ke-16 Premier League di Villa Park, Minggu (10/12) dinihari WITA. 

The Villans menang dengan skor tipis 1-0, lewat gol tunggal John McGinn di menit ke-7. Arsenal mendapatkan sejumlah peluang, tapi tidak bisa mencetak gol balasan. Usai laga, Emery pun tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya.

Hasil itu membuat Arsenal harus turun ke peringkat kedua klasemen Premier League dengan koleksi 36 poin. Villa menempati peringkat ketiga dengan 35 poin. Posisi Arsenal pun digeser Liverpool, yang memiliki 37 poin usai menang 2-1 atas tuan rumah Crystal Palace, Sabtu malam.

"Itu pertandingan sulit dan kami lelah, tapi kami memulai laga dengan baik. Mereka memaksakan posisinya di lapangan, tapi kiper kami luar biasa. Kami mencoba bertahan dan mempertahankan penguasaan bola lebih lama dari yang kami lakukan. Kami harus bahagia namun juga menjaga keseimbangan," kata Emery Usai kemenangan itu membuat Villa Park semakin angker di mata lawan-lawan Aston Villa. Mereka mampu meraih 15 kemenangan beruntun saat bertanding di markasnya. Dalam laga sebelumnya, Villa mengalahkan Manchester City 1-0 lewat gol Leon Bailey pada Kamis (7/12) dinihari Wita.

“Saya belum pernah mencapai hal ini dan saya tidak akan mencapainya lagi di masa depan saya sebagai pelatih. Sungguh brilian di sini di Villa Park dengan para pendukung kami dan bagaimana mereka mendukung kami,”kata pelatih asal Spanyol itu.

Kemenangan The Villans atas The Gunners membuat Liverpool mengambil alih posisi puncak klasemen sementara. Kekalahan itu juga memutus tren positif Arsenal yang selalu meraih kemenangan dalam enam laga terakhir di semua kompetisi. 

Sedangkan bagi Aston Villa, kemenangan itu membuat mereka tidak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir di semua kompetisi, dengan enam di antaranya kemenangan.

Sedangkan sendiri Liverpool bangkit dari ketinggalan untuk memuncaki klasemen sementara berkat kemenangan 2-1 di markas Crystal Palace, di Stadion Selhurst Park, London, Sabtu. Raihan tiga poin membawa The Reds untuk sementara merebut pucuk klasemen dengan 37 poin. Bagi Palace, kekalahan kedua beruntun di Liga Inggris membuat mereka tertahan di posisi ke-14 dengan 16 poin.

Palace membuka keunggulan lebih dulu lewat penalti Jean-Philippe Mateta (57). Tiga gol Liverpool dicetak Mohamed Salah (76), Harvey Elliot (91). Gol Salah menjadi yang ke-14 musim ini serta gol ke-200 sepanjang berseragam Liverpool. 

Salah pun menjadi pemain kelima dengan 200 gol untuk Liverpool di semua kompetisi setelah Ian Rush (346), Roger Hunt (285), Gordon Hodgson (241), dan Billy Liddell (228).

Sebelum laga, pelatih Liverpool Jurgen Klopp menyatakan keberatannya dengan situasi pertandingan tim asuhannya dimainkan paling dini. Dia bahkan sempat menyebut seorang pembawa acara sebagai bebal saat disebut bermain pada siang hari merupakan jadwal favoritnya.

Keluhan Klopp itu hampir dapat divalidasi saat Jefferson Lerma memaksa kiper Alisson Becker melakukan penyelamatan bagus pada fase awal laga melawan Palace. Bola lalu memantul kena tiang gawang sebelum dihentikan di garis gawang oleh Trent Alexander-Arnold. *

Komentar