nusabali

63 Cabor Dituntut Gelar Turnamen

KONI Ingin Ada Multiplier Efek dan Atlet Potensial

  • www.nusabali.com-63-cabor-dituntut-gelar-turnamen

Banyaknya cabor yang menggelar kegiatan, itu akan memberikan dampak banyak alias multiplier efek. Yang utama adalah perputaran roda ekonomi di sekitar lingkungan tempat diselenggarakannya kejuaraan.

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 63 cabang olahraga (Cabor) dalam naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali dituntur menggelar kegiatan atau turnamen. Kegiatan itu untuk mencari atlet terbaik dan memberikan dampak pada sektor lainnya, seperti pelaku usaha atau pedagang.

Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan tidak memungkiri adanya 63 cabang olahraga yang menjadi anggota KONI Bali. Menurutnya, dengan jumlah sebanyak itu (63 cabor) masing-masing cabor diharapkan bisa menggelar minimal sekali kegiatan untuk mengetahui perkembangan atlet. Bahkan juga untuk menjaring atlet potensial yang akan mewakili Bali. 

"Cukup banyak. Kalau satu cabor sekali menggelar turnamen, itu sudah lumayan banyak. Saat ini, ada cabor yang melakukan kegiatan lebih dari dua kali. Ini jadi contoh yang baik terkait keaktifan cabor dan mencari bibit potensial juga," kata Oka Darmawan, Jumat (8/12)

Dia juga mengakui dengan banyaknya cabor yang menggelar kegiatan, itu akan memberikan dampak banyak alias multiplier efek. Yang utama adalah perputaran roda ekonomi di sekitar lingkungan tempat diselenggarakannya kegiatan. Karena itu, kata Oka Darmawan, akan banyak pedagang yang berjualan. 

"Ini yang kita harapkan terkait keaktifan dalam membuat event. Jadi, bukan hanya pada lingkup cabor itu saja yang bermanfaat. Tapi, ada efeknya ke masyarakat luas," kata Oka Darmawan

Dengan total 63 cabor, Oka Darmawan tidak memungkiri akan bermanfaat banyak bagi masyarakat, apalagi kalau lebih difokuskan untuk masa depan. Maka, tahun depan diharapkan akan adanya keaktifan yang lebih besar dari 63 cabor anggota KONI Bali. 

"Kalau sejauh ini belum sampai 100 persen yang aktif bikin event. Ya, estimasinya masih di angka 60 an hingga 70 am persen. Jadi, kalau semuanya bergerak, tentu akan mendapatkan hasil yang bagus. Baik itu di cabornya maupun masyarakat luas," kata Oka Darmawan.dar

Komentar