nusabali

Tim Panahan Kejar Tiket Akhir Olimpiade

  • www.nusabali.com-tim-panahan-kejar-tiket-akhir-olimpiade

JAKARTA, NusaBali - Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) siap berburu tiket Olimpiade Paris 2024 dalam kejuaraan dunia Archery World Cup di Antalya, Turki, pada Juni mendatang. Kejuaraan itu jadi kesempatan terakhir para atlet meraih tiket Olimpiade.

Wakil Ketua Umum II Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Perpani Abdul Razak mengatakan telah melakukan sejumlah langkah, mulai dari seleksi atlet hingga pemusatan latihan (pelatnas) untuk meningkatkan kemampuan atlet.

"Kami sudah melaksanakan babak kualifikasi PON, dan pemantauan atlet potensial, jadi akan ada perubahan penambahan, akan ada seleksi dalam waktu dekat ini untuk menambal sulam khususnya di gender putri," ujar Abdul Razak, Jumat.

Di sektor putra, Razak melihat hasil kualifikasi PON belum menampakkan bibit yang dapat menyamai atau melebih komposisi atlet di Pelatnas saat ini. Pada awal bulan ini, tim panahan Indonesia di Asian Archery Championships (AAC) Bangkok, Thailand, gagal memenuhi target meraih tiket Olimpiade Paris 2024 dari kategori beregu, baik putra maupun putri.

Hingga saat ini, Tim Panahan Indonesia sudah memegang dua tiket Olimpiade yang diraih Arif Pangestu di ajang World Archery Championships di Berlin, Jerman, pada Agustus, dan Diananda Choirunisa di Asian Games 2022 Hangzhou, China, pada September.

"Kualifikasi di Antalya, Turki, berlangsung pada Juni, satu bulan menjelang Olimpiade. Itu kesempatan terakhir untuk mendapatkan tiket," ujar Razak.

Saat ini, Perpani sedang menyusun program untuk meningkatkan kemampuan para atlet, termasuk dengan menjalankan pelatnas dan mengikuti beberapa ajang yang digelar Federasi Panahan Dunia World Archery Federation untuk menambah jam terbang dan melatih mental para atlet.

Panahan Indonesia juga akan mengikuti Archery World Cup Stage 1 pada April di Shanghai, China, dan Archery World Cup Stage 2 pada Mei di Yecheon, Korea Selatan, sebelum mengikuti Archery World Cup Stage 3 di Antalya, Turki, yang menjadi final kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024. ant

Komentar